Perkembangan Sosioemosional Anak Usia Dini
Perkembangan emosi anak usia dini merupakan proses yang
sangat kompleks. Perkembangan emosi berkaitan dengan temperamen, perasaan,
reaksi, konsep diri, dan harga diri.
Emosi anak usia dini adalah bukti dalam menunjukan
ekspresi, bahasa tubuh, postur tubuh, bahasa tubuh yang lain, suara/vokal,
bahasa, gaya komunikasi, dan perilaku yang ditimbulkan karena bermain dengan
alat-alat mainan dan alat-alat pembelajaran.
Perkembangan sosial mulai dari lahir dan muncul dari
interaksi dengan lingkungan di dalam rumah dan di luar rumah. Perkembangan
sosial adalah proses yang muncul melalui belajar mengenai dirinya dan orang lain, membuat dan
menjaga pertemanan. Perkembangan sosial dipengaruhi oleh sejumlah peristiwa
sosialisasi dan afiliasi, rumah dan
keluarga, anggota keluarga yang lebih luas, loyalitas terhadap organisasi,
tempat penitipan anak dan lembaga pendidikan, teman sepermainan dan teman
sebaya, tetangga dan media.
Ada beberapa pandangan mengenai perkembangan
sosioemosional yaitu pengetahuan sosial konvensional dan perkembangan pro
sosial.
Menurut pandangan Piaget perkembangan moral anak usia di
bawah 6 tahun berada pada tahapan Premoral, yaitu pengertian mereka dibatasi
pada aturan dan alasan mereka melakukan sesuatu, sedangkan tahapan moral
realism, yaitu anak-anak menjadi lebih mengerti aturan dan percaya bahwa aturan
dibangun oleh semua orang yang dijadikan figur dan unalterable.
Kohlberg mendeskripsikan tahapan premoral sama dengan
pandangan Piaget bahwa pada tingkat ini anak berorientasi pada kepatuhan,
tingkat kedua; naive conventional hedonism, ketiga; morality of conventional
role conformity, keempat; authorithy-maintaining morality, kelima; post
conventional moral thingking.
Tahapan perkembangan menurut Erik Erikson adalah trush vs
mistrust, autonomy vs shame and doubt, initiative vs guilt, industry vs
inferiority, identity and rapudiation vs identity diffusion, intimacy and
solidarity vs isolation, generativity vs self absorption, integrity vs despair.
No comments:
Post a Comment