Wednesday, June 29, 2016

Pelibatan Orangtua dan Masyarakat dalam Kegiatan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus

Pelibatan Orangtua dan Masyarakat dalam Kegiatan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus
               Partisipasi seseorang atau suatu kelompok masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan anak berkebutuhan khusus tergantung pada pengetahuan tentang pendidikan inklusi sehingga terlihat pada; 1. pengambilan keputusan terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif; reaksi terhadap pendidikan inklusif; 2. sikap terhadap pendidikan inklusif yaitu perasaan terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif; 3. tingkah laku yakni apa yang dilakukannya terhadap penyelenggaraan inklusif; dan keyakinan-keyakinan yang ada tentang penyelenggaraan pendidikan inklusif tersebut; 4. Kebutuhan terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif.

               Sedangkan tingkat partisipasi  baik perseorangan maupun kelompok terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif dapat dilihat dari berbagai segi, yaitu; 1. Derajat keterlibatan, mulai dari sekedar mengetahui adanya suatu usaha sampai dengan ikut aktif menyumbangkan pikiran, tenaga, maupun materi. 2. Prakarsa keterlibatan, yang dapat dibedakan antara keterlibatan spontan, dengan persuasi, atau melalui paksaan. 3. Organisasi keterlibatan, yang dapat dibedakan menjadi keterlibatan perseorangan atau secara kelompok. 4. Sikap dalam keterlibatan, mulai dengan yang mendukung, setuju, sampai yang menentang.

No comments:

Post a Comment