Alat Penilaian dalam
Pengembangan Moral Anak Taman Kanak-kanak
Penilaian
bertujuan untuk mengetahui ketercapaian kemampuan yang telah ditetapkan dalam
GBPKBTK. Penilaian hasil belajar anak didik dilakukan oleh pendidik untuk
memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar anak didik secara
berkesinambungan.
Prinsip-prinsip
penilaian adalah menyeluruh, berkesinambungan, berorientasi pada proses dan
tujuan, objektif, mendidik, kebermaknaan, dan kesesuaian.
Pada
saat kita akan melakukan penilaian dalam berbagai hal termasuk didalamnya
menilai perkembangan moral, kita perlu menentukan alat penilaian yang tepat
dengan kondisi anak yang sesungguhnya. Alat pendukung tersebut adalah:
1. pengamatan dan pencatatan anekdot
2. pemberian tugas meliputi tes
perbuatan dan pertanyaan lisan sebagai latihan mengungkapkan gagasan dan
keberanian berbicara.
Macam-macam Strategi
Perencanaan Penilaian dalam Pengembangan Moral Anak Usia Taman Kanak-kanak
Untuk
mengekspresikan proses kegiatan belajar, guru perlu melakukan penilaian atau
evaluasi. Penilaian perlu dilaksanakan agar guru TK mendapat umpan balik
tentang kualitas keberhasilan dalam kegiatan anak yang diarahkan untuk
pengembangan perilaku dan moralitas secara keseluruhan.
Penilaian
yang dilakukan guru merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan
belajar, baik yang menggunakan metode bercakap-cakap, bercerita, maupun bermain
peran. Tanpa adanya penilaian, tidak dapat diketahui secara rinci apakah tujuan
pengembangan aspek perilaku dan moralitas anak dapat dicapai secara maksimal.
Hasil penilaian kualitas keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran tesebut,
memberikan masukan kepada guru untuk membuat keputusan pembelajaran, dalam
rangka meningkatkan mutu pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan metode
tersebut di masa yang akan datang.
No comments:
Post a Comment