Kemampauan
Dasar Tari Anak TK
Pengetahuan tentang
kemampuan dasar anak TK dari aspek intelektual, emosional, perseptual, fisik,
estetik, dan kreatif sangat penting bagi guru sebagai dasar menentukan materi
pelajaran tari. Kemampuan dasar intelektual anak usia TK dapat dikenali dari kemampuannya
mengungkapkan kosep warna, ukuran, bentuk, arah, besaran dan fungsi dalam gerak
tari. Kemampuan dasar emosional anak usia TK dapat dikenali dari kemampuannya
menyalurkan perasaan batinnya yang meluap timbul dari hati dengan gerak dalam
tari. Kemampuan dasar sosial anak usia TK dapat dikenali dari kemampuannya
berkomunikasi, bekerja sama, dan melakukan kegiatan bersama dalam kegiatan
tari.
Kemampuan
dasar perseptual anak usia TK dapat dikenali dari kemampuannya dalam memahami
dan menanggapi hal-hal yang mereka
lihat, dengar dan rasakan dalam wujud gerak tari. Kemampuan dasar fisik anak
usia TK dapat dikenali dari kemampuannya melakukan gerakan keseimbangan,
lokomotor, kecepatan, perubahan, ekspresi, teknik, mengendalikan tubuh, gerak
yang energik dan koordinasi anggota tubuh. Kemampuan dasar estetik anak TK
terlihat dari kemampuannya mengungkapkan
keindahan tari baik dalam kegiatan penciptaan tari maupun dalam kegiatan
menari. Kemampuan dasar kreatif anak TK dapat dikenali dari kemampuannya membuat
gerak-gerak yang unik, berbeda dengan teman-temannya, bahkan kemampuannya
membuat gerak baru, serta kecepatannya menyesuaikan diri dengan teman-temannya,
apabila melakukan kesalahan pada waktu menari.
Karakteristik
Tari Anak TK
Ciri-ciri tari untuk anak TK adalah tari yang sesuai dengan
kemampuan dasar anak usia TK dari aspek intelektual, emosional, sosial,
perseptual, fisikal, estetik dan kreatif. Bermain merupakan pendekatan anak
usia TK adalah tari yang bertema, gerak tariannya bersifat tiruan, gerak tari
yang variatif, berbentuk tari kelompok, berpola lantai kurang lebih 5, lama
waktu menari kurang dari 5 menit, dan diringi oleh musik.
No comments:
Post a Comment