Pengetahuan
Dasar Tari
Media tari
adalah gerak tubuh manusia. Melelui gerak tubuh manusia dipakai untuk
mengungkapkan ide-ide, perasaan, dan pengalaman sang seniman kepada orang lain.
Ciri khas
gerak tari adalah gerak yang sudah diolah dari aspek tenaga, ruang, dan waktu.
Ada 2 jenis
tari, yakni tari tradisional dan tari non-tradisional. Hal yang termasuk tari
tradisional Indonesia adalah tari primitif, tari rakyat, dan tari klasik. Ke 3
tari ini tujuan upacara, hiburan, dan tontonan. Sedangkan yang termasuk dalam
jenis tari non tradisional adalah tari kreasi baru, tari modern, dan tari
kontemporer. Ciri khas tari kreasi baru adalah tari tradisional yang
diperbaharui. Ciri khas tari modern dan tari kontemporer adalah penemuan baru
dalam hal tema, bentuk, dan penyajian tari.
Wujud tari
modern dan tari kontemporer Indonesia biasanya merupakan gabungan dari
unsur-unsur budaya setempat dengan unsur-unsur budaya dunia. Ada pula yang
sepenuhnya menampilkan unsur budaya dunia. Ciri khas tari kontemporer Indonesia
adalah menyajikan tema, bentuk yang terkenal, sedang menjadi sorotan saat ini.
Jika tari kontemporer cirinya menyajikan tema dan bentuk yang sedang terkenal,
sedang menjadi sorotan saat ini, namun tari modern belum tentu menyajikan tema
dan bentuk yang sedang terkenal saat ini.
Tari untuk
Anak TK sebagai Seni Pertunjukan
Guru TK
wajib membimbing dan melatih anak didiknya mengerti tari yang menarik. Sebuah
tarian anak TK akan dikatakan menarik, apabila tarian tersebut menjadi media
bagi anak untuk mengungkapkan ide-ide, perasaan, dan pengalamannya.
Untuk dapat
membimbing anak sampai pada kemampuan bisa mengungkapkan ide-idenya,
perasaannya, pengalamannya dengan bahasa tari guru harus memiliki pengetahuan
tentang komposisi tari. Dengan pengetahuan komposisi inilah guru membimbing
anak menjadi mengerti tari sebagai seni pertunjukan dan dengan pengetahuan
komposisi juga, guru menyadarkan anak bahwa menari bukan hanya sekadar untuk
kesenangan bergerak.
Pengetahuan
komposisi tari adalah pengetahuan yang berhubungan dengan bagaimana memilih dan
menata gerakan menjadi sebuah karya tari, pengetahuan itu diantaranya desain
lantai, desain atas, musik, dramatik, dinamika, tema, tata rias dan busana,
tata pentas, tata lampu dan tata suara.
Unsur Pokok
Tari
Media
memiliki 2 pengertian, yaitu bahan dan alat. Bahan baku tari adalah gerak dan
tubuh manusia sebagai alat untuk mengungkapkan ide, perasaan, dan pengalaman.
Gerak tari
terbentuk karena adanya kombinasi tenaga, ruang dan waktu di dalam setiap gerak
tari maka ketiganya disebut sebagai unsur pokok tari.
Tenaga
adalah kekuatan yang mendorong terjadinya gerak. Jenis tenaga adalah
berat/ringan, kuat/lemah.
Ruang adalah
tempat untuk bergerak. Tempat untuk bergerak yang bersifat harfiah, contohnya
panggung terbuka, panggung tertutup. Sedangkan bersifat imajinatif tercipta
karena benda-benda di panggung dan karena gerakan penari, arah gerak penari,
teba gerak, tinggi rendah penari pada waktu menari.
Waktu adalah
tempo yang diperlukan penari untuk melakukan gerak. Waktu tergantung dari cepat
lambatnya penari dalam melakukan gerakan, panjang pendeknya ketukan penari
dalam bergerak dan lamanya penari melakukan gerakan.
Unsur
Komposisi Tari
Pengetahuan komposisi tari
adalah pengetahuan yang berhubungan dengan bagaimana memilih dan menata gerakan
menjadi sebuah karya tari. Pengetahuan komposisi tari mempelajari tentang
desain lantai, desain atas, desain musik, dramatik, dinamika, tema, tata rias
dan busana, tata pentas, tata lampu dan tata suara. Semua itu disebut sebagai
unsur komposisi tari.
Desain
lantai adalah garis-garis lantai yang dilalui seorang penari atau garis yang
dibuat oleh formasi penari. Desain atas adalah desain yang dibuat oleh anggota
badan yang berada di atas lantai. Desain musik adalah pola ritmik dalam tari.
Desain
dramatik adalah tahap-tahapan emosional untuk mencapai klimaks dalam sebuah
tari. Dinamika adalah segala perubahan di dalam tari karena adanya variasi di
dalam tari. Tema adalah ide persoalan dalam tari. Tata rias dan busana adalah
rias wajah dan pakaian untuk mendukung penampilan penari di atas pentas. Tata
pentas adalah penataan pentas untuk mendukung pergelaran tari.
Seperangkat
benda yang berada di atas pentas untuk mendukung pergelaran tari disebut dengan
setting. Tata lampu adalah penataan seperangkat lampu di pentas untuk mendukung
pergelaran tari. Tata suara adalah penataan seperangkat alat sumber bunyi untuk
tujuan pengaturan musik iringan tari, pada waktu pergelaran tari berlangsung.
Keterampilan
Menari
Menari adalah kegiatan
seseorang yang sedang melakukan tari. Orang yang sedang menari disebut penari.
Menari berbeda dengan bermain, berpantomim, atau bersenam. Seorang anak dapat
dikatakan menari apabila anak menyadari bahwa ia sedang menari., bukan sedang
bermain, bukan sedang bersenam. Anak menyadari bahwa ia sedang mengungkapkan
sesuatu melalui tarian yang sedang ditarikan. Sesuatu itu dapat berupa gagasan,
perasaan, pengalaman atau pikiran. Anak tidak bergerak spontanitas. Ia bergerak
berdasarkan gerak yang telah disusun dan ditata. Ukuran keberhasilan anak TK
dalam menari apabila anak tesebut mencapai tujuan pembelajaran TK yang berbasis kompetensi melalui kegiatan
menari.
Di dalam
proses pembelajaran tari, guru harus dapat menciptakan suasana kebebasan
bergerak kepada anak didiknya. Guru diharapkan membimbing anak dapat
mengungkapkan cara bergerak mereka sendiri yang unik sesuai dan cara bergerak
sesuai dengan perasaannya.
Bentuk
kegiatan guru dalam membimbing anak didiknya belajar menari adalah:
1. latihan mempersiapkan tubuh sebagai
alat ekspresi
2. latihan gerak kepala, tangan, badan, dan
kaki untuk menumbuhkan kesadaran kepada anak didiknya bahwa seluruh anggota
badan merupakan sumber gerak tari.
3. latihan bergerak dengan ritme untuk
tujuan memperkenalkan dan membiasakan anak menanggapi birama, tempo, dan frase
dalam musik iringan tarinya.
4. latihan bergerak dengan arah untuk
tujuan membiasakan anak dapat cepat menyesuaikan dengan tempat menari.
5. latihan bergerak dengan membentuk
formasi untuk tujuan melatih konsentrasi, dapat cepat menyesuaikan dengan
tempat menari dan melatih kemampuan bekerja sama dalam kelompok.
No comments:
Post a Comment