Kemampuan
Dasar Musik Anak Usia TK
Pada pendidikan seni musik
kemampuan dasar musik harus memperhatikan aspek intelektual, emosional, sosial,
perseptual, fisikal, estetik, dan kreativitas.
Aspek
intelektual adalah aspek yang berkaitan kemampuan dengan berpikir dan pemahaman
atau kognisi dalam kegiatan musik.
Aspek
emosional adalah aspek yang berkaitan dengan pengendalian emosi, antara lain
mengenai ketekunan, kesabaran dan rasa aman dalam kegiatan musik.
Aspek sosial
adalah aspek yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam berhubungan dengan
orang lain dan lingkungannya dengan bermain musik.
Aspek
perseptual adalah aspek yang berkaitan dengan kemampuan menanggapi hasil
pengamatan dalam kegiatan musik.
Aspek fisikal
adalah aspek yang berkaitan dengan kemampuan tubuh, terutama dalam pengendalian
gerak.
Aspek
estetis adalah aspek yang berkaitan dengan rasa keindahan dalam kegiatan musik.
Aspek
kreatifitas adalah aspek yang berkaitan dengan kemampuan mencipta dalam
kegiatan musik.
Semua
kegiatan diharapkan memperhatikan aspek mental dan fisikal agar tujuan
pendidikan dapat dicapai secara seimbang sesuai dengan tingkat perkembangan dan
hakikat anak. Oleh sebab itu pendidik diharap mampu memahami perkembangan anak
dan pendidik mampu menentukan bahan dan kegiatan yang tepat bagi anak.
Karakteristik
Musik Anak TK
Ada 3 aspek
penunjang utama dalam pengembangan anak menyeluruh yaitu aspek pengembangan
fisik, pengembangan sosial dan intelektual.
Pengembangan
fisik, pada dasarnya anak suka bergerak. Melalui kegiatan musik, dengan musik
dan dalam musik terjadi gerak. Kemampuan menunjang perkembangan musik
keterampilan menggunakan otot besar dan otot halus.
Pengembangan
aspek sosial, pada dasarnya anak merupakan makhluk sosial yang memerlukan
hubungan dengan orang lain. Perkembangan sosial dapat dilakukan dalam kegiatan
musik dengan kegiatan bersama dan memberikan kesempatan kepada anak mengenal
keragaman budaya.
Pengembangan
aspek intelektual, biasanya pada satu objek dan kegiatan tingkat anak menyukai
tantangan, suka pada cerita yang menarik, imajinatif, dramatis, dan fantastis
mulai dapat dilatih berpikir asosiasi dan logis.
Anak mulai
mengenal bilangan, hitungan, bentuk geometri serta membaca simbol, melalui
kegiatan musik berupa ritme, bentuk dan syair lagu. Dalam kegiatan musik anak
mengembangkan kemampuan intelektualnya.
Karakteristik
atau ciri khusus musik anak pada pembahasan ini ditinjau dari suara anak dan
permainan musik dan yang berkaitan erat dengan kegiatan musik.
Karakter
suara anak dalam kegiatan bernyanyi
ditinjau dari warna suara anak, batas jangkauan nada yang dapat dicapai
oleh anak TK, interval yang dapat dijangkau, koordinasi dalam bernyanyi,
bernafas berada pada taraf penyesuaian dan melakukan gerak anggota tubuh
lainnya.
Karakter
musik yang sesuai untuk dimainkan maupun dinyanyikan oleh anak memiliki
batasan: mudah diingat, menarik minat anak, nyaman dimainkan dan dinyanyikan
ditinjau dari segi ritme, interval, birama, perulangan, gerak, jumlah nada dan
unsur, yang mengandung sifat permainan
dan komunikatif.
No comments:
Post a Comment