PELAPORAN PERKEMBANGAN ANAK PAUD


Hakikat Pelaporan Perkembangan Anak Usia Dini
            Pelaporan disampaikan oleh guru kepada orang tua dalam bentuk deskripsi singkat tentang perkembangan anak, yang meliputi enam aspek perkembangan, yaitu perkembangan perilaku dan moral agama, perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan fisik/motorik, perkembangan seni dan perkembangan sosial emosional.
            Pelaporan perkembangan anak disusun melalui proses analisis sintesis, interprestasi, dan komunikasi.
            Pelaporan perkembangan anak bertujuan untuk membantu guru merencanakan pembelajaran selanjutnya yang sesuai dengan perkembangan anak, memberikan informasi kepada orang tua tentang kemajuan anak serta mendukung kelancaran program guru dan orang tua.
            Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan berikut ini merupakan ruang lingkup pelaporan perkembangan, adalah sebagai berikut.
            1.         Siapa yang akan menerima laporan perkembangan?
            2.         Apa isi yang harus dimuat dalam laporan perkembangan?
            3.         Bagaimana bentuk pelaporan perkembangan (lisan, tulisan, atau bentuk lainnya)?
            4.         Bagaimana format pelaporan perkembangan yang digunakan?
            5.         Bagaimana membantu pengguna menginterprestasi dan menggunakan laporan perkembangan?
            6.         Bagaimana jadwal pelaporan perkembangan?
            Isi laporan perkembangan anak yang ingin diketahui  oleh orang tua biasanya berkisar pada pertanyaan-pertanyaan berikut ini.
            1.         Bagaimana anak berkembang dan belajar di sekolah: secara akademik, fisik, sosial, dan emosionalnya?
            2.         Sejauh mana anak berpartisipasi dalam kegiatan di sekolah?
            3.         Kemampuan apa yang telah dicapai anak selama kurun waktu belajar tertentu?
            4.         Apakah hasil belajar/perkembangan anak cukup baik?
            5.         Sejauh mana peningkatan perkembangan dan kemampuan anak dalam kurun waktu tertentu?
            6.         Apa yang harus orang tua lakukan untuk membantu dan mengembangkan anak lebih lanjut?
            Manfaat yang dapat diperoleh dari pelaporan perkembangan anak usia dini, di antaranya adalah sebagai berikut.
            1.         Diagnosis Kemajuan Perkembangan Anak
            2.         Prediksi Masa Depan Anak
            3.         Seleksi dan Sertifikasi
            4.         Umpan Balik Kegiatan Pembelajaran dan Kurikulum Sekolah.

Penyusunan dan Contoh Pelaporan Perkembangan Anak Usia Dini
            Laporan yang otentik tentu saja dapat kita buat jika kita rajin mendokumentasikan setiap catatan kita, dan kita gabungkan dalam file yang rapi dan teratur.
            Beberapa hal perlu kita perhatikan dalam rangka pengumpulan informasi tentang anak untuk dituangkan dalam laporan meliputi beberapa hal sebagai berikut.
            1.         Aspek apa saja yang dicatat.
            2.         Bagaimana menuliskan apa yang pendidik amati.
            Sebagai pendidik harus memahami bahwa pengamatan terhadap perilaku anak memiliki kontribusi yang besar dalam membuat keputusan  tentang kemajuan perkembangan anak. Pengamatan terhadap perilaku anak yang dilakukan secara kontinyu merupakan bukti yang kuat bagi pendidik dalam membuat evaluasi. Selain dicatat oleh pendidik, beberapa perilaku sebagai berikut juga perlu diperhatikan:
1.     Tingkat dan lamanya perhatian (apakah anak cepat berpindah dari satu tugas ke tugas lainnya; apakah anak melakukan satu hal ketika melihat hal lainnya, atau apakah anak memiliki perhatian hanya pada satu hal pada suatu waktu tertentu).
2.     Kemandirian (Apakah anak memilih tugas-tugas dan mengaturnya pada tingkat tertentu yang sesuai dengan usianya, atau apakah anak selalu meminta tolong dan bimbingan sebelum memilih materi permainan).
3.     Jumlah dan kualitas gerakan fisik (apakah anak pasif dan diam atau anak cenderung sangat aktif namun tidak terarah perilakunya. Sebagai contoh: anak sering melempar barang-barang mainan di kelas, sering memukul temannya tanpa sebab dan sebagainya).

4.     Kemampuan komunikasi verbal dan non verbal (apakah anak menggunakan bahasa yang wajar sesuai usianya).

No comments:

Post a Comment