Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini
Gerak kasar yang menggunakan
sebagian besar tubuh seperti berlari, memanjat, melompat, melempar dikenal
sebagai keterampilan gerakan/motorik kasar atau gross motor skill, sedangkan
gerakan yang hanya melibatkan sebagian kecil tubuh seperti mendorong mobil-mobilan, menggunting,
menempelkan kertas, memakaikan baju boneka, atau menggambar adalah
gerakan/motorik halus atau fine motor skill.
Kemampuan motorik anak usia 4-6
tahun mempunyai perbedaan dengan orang dewasa dalam hal cara memegang, cara
berjalan, dan cara menyepak/menendang.
Perkembangan motorik diartikan
sebagai perkembangan dari unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuh. Ada 3
unsur yang menentukan perkembangan motorik, yaitu otak, saraf, dan otot. Ketika
motorik bekerja, ketiga unsur tersebut melaksanakan masing-masing peranannya
secara interaktif positif, artinya unsur-unsur yang satu saling berkaitan,
saling menunjang, saling melengkapi dengan unsur yang lainnya untuk mencapai
kondisi motorik yang lebih sempurna keadaannya.
Gerakan reflek awal pada bayi 0-1
tahun diantaranya adalah mengedipkan mata, genggaman telapak tangan, reflek
moro dan tindakan tanpa mengetahui.
Kemajuan anak dalam koordinasi mata
tangan tergantung pada interaksi antara stimulasi dan dorongan yang diterimanya
setiap hari, perkembangan fisik dan sarafnya, dan motifasinya. Tiga dimensi
yang berbeda ini, perlu diseimbangkan dengan hati-hati sebelum dia dapat bergerak
dari satu tahap ke tahap berikutnya. Secara khusus anak tidak akan mampu
menulis seperti anak berusia 5 tahun ketika ia berumur 3 tahun, tidak peduli
betapa keras usahanya, karena kematangan otot dan syarafnya memang belum
memadai untuk melakukan gerakan tangan sedemikian halus.
Kemampuan yang sudah seharusnya
dikuasai anak di usia 6-8 tahun adalah kemampuan berpakaian, makan sendiri,
merapikan tempat tidur, mandi serta memakai sepatu sendiri.
Keterampilan-keterampilan ini merupakan keterampilan untuk melayani dirinya
sendiri yang amat membutuhkan koordinasi antara mata dengan tangan dan anggota
tubuh lainnya.
Asesmen Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini
Asesmen
perkembangan fisik/motorik bertujuan agar guru mengetahui kekurangan dan
kelemahan yang terdapat selama proses belajar mengajar fisik/motorik, sehingga
guru dapat memperbaiki dengan cara yang benar pada kegiatan selanjutnya.
Beberapa aspek yang harus
diperhatikan guru dalam melaksanakan asesmen terhadap kegiatan pengembangan
fisik/motorik, yaitu:
1. penilaian diri
2. respon anak
3. kesesuaian alat/bahan.
Dalam melakukan penyusunan asesmen
perkembangan fisik/motorik anak usia dini, perlu dipenuhi beberapa syarat
proses asesmen pada anak usia dini yaitu sebagai berikut:
1. Dilakukan
secara individual dengan membandingkan perkembangan anak saat ini dengan
sebelumnya.
2. Mempertimbangkan
adanya perbedaan dalam perkembangan , pengalaman, dan budaya anak.
3. Bukan
dilakukan dengan situasi tes, melainkan alamiah.
4. Kemajuan
tentang anak dilaporkan dalam konteks individual sehubungan dengan
performansinya dalam tahap usianya, dan bukan merupakan sistem rangking.
Asesmen bagi perkembangan
fisik/motorik dapat dijadikan pedoman bagi guru untuk melihat kemajuan
kemampuan anak dalam mengendalikan gerak-geriknya dan mengoordinasikan mata dan
tangannya serta dengan anggota tubuh lainnya.
Beberapa teknik pengumpulan data
yang dapat dilakukan dalam asesmen perkembangan, di antaranya:
1. Strategi
Asesmen Informal
1. Observasi
2. Teacher-designed measure
3. Checklist Perkembangan
4. Rating Seales
5. Rubric
6. Asesmen Portofolio tampilan
7. Asesmen berbasis teknologi
8. Catatan Anekdot
9. Narasi/catatan harian
10. Daftar periksa pengamatan guru
11. Catatan frekuensi dan waktu
12. Asesmen decoding
2. Strategi
Asesmen Formal
1. Tes Terstandar
Teknik analisis data asesmen
dilakukan melalui tahap-tahap asesmen yang sangat tergantung pada tingkat apa
penampilan motorik anak yang diharapkan, yaitu:
1. Global
Assessment
2. Screening
3. Ongoing
Qualitative Assessment
4. Individual Assessment For The Purpose Of
Remediation
No comments:
Post a Comment