Macam-macam
Lingkungan dan Fasilitas Umum Sosial yang Dapat Dimanfaatkan dalam PAUD
Jenis
lingkungan yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan kegiatan pembelajaran
di TK terdiri dari atas lingkungan alam/fisik dan lingkungan sosial.
Lingkungan
alam/fisik merupakan segala sesuatu yang alamiah dan sifatnya relatif menetap,
seperti air, tanah, batu-batuan, tumbuh-tumbuhan, hewan, sungai, iklim, suhu
udara dan sebagainya.
Lingkungan
sosial berkenaan dengan interaksi anak dalam kehidupan bermasyarakat, dapat
digunakan untuk mempelajari dasar-dasar ilmu sosial dan kemanusiaan.
Lingkungan
buatan yakni lingkungan yang sengaja diciptakan atau dibangun manusia untuk
tujuan-tujuan tertentu yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.
Cara-cara Pemanfaatan
Lingkungan Masyarakat ke dalam PAUD
Pendidik
anak usia dini perlu memiliki kemampuan yang memadai dalam memanfaatkan
lingkungan masyarakat ke dalam pendidikan anak usia dini sehingga
penyelenggaraan pendidikan anak usia dini dapat dilaksanakan denganmelibatkan
potensi-potensi yang ada di dalam masyarakat.
Kegiatan
pemanfaatan lingkungan masyarakat ke dalam pendidikan anak usia dini bisa
dilakukan dengan 2 cara; dengan cara membawa kelas atau anak ke dalam
lingkungan yang akan dipelajari; dan dengan cara membawa lingkungan itu ke
dalam kelas. Cara pertama dapat dilakukan melalui kegiatan karyawisata,
perkemahan, dan pengamatan. Sedangkan cara ke dua yaitu dengan membawa
lingkungan ke sekolah/kelas, seperti mendatangkan /mengundang nara sumber untuk
berbicara secara langsung di depan anak-anak mengenai berbagai hal yang
berkaitan dengan bidang tugasnya masing-masing.
Terdapat
beberapa kegiatan yang dapat ditempuh dalam merancang pemanfaatan lingkungan
masyarakat, yaitu; pertama, menentukan tujuan pembelajaran yang harus dicapai
anak berkaitan dengan penggunaan lingkungan sebagai sumber belajar; kedua,
menentukan objek lingkungan yang akan dipelajari atau dikunjungi; ketiga,
merumuskan cara belajar atau bentuk-bentuk kegiatan yang harus dilakukan anak
selama mempelajari sumber belajar lingkungan; keempat, menyiapkan hal-hal yang
sifatnya teknis.
No comments:
Post a Comment