Media dalam
Pengembangan Kognitif
Media
adalah segala sesuatu yang dapat dipakai atau dimanfaatkan untuk merangsang
daya pikir, perasaan, perhatian, dan kemampuan anak sehingga ia mampu mendorong
terjadinya proses belajar mengajar pada diri anak. Pemahaman disini tidak hanya
terbatas kepada sarana dan wahana fisik untuk menyalurkan pesan melainkan juga
mencakup pengertian sumber, lingkungan, manusia, dan metode yang dimanfaatkan
untuk tujuan pembelajaran.
Media
pembelajaran yang baik sangat diperlukan untuk mencapai pembelajaran yang berkualitas
tinggi. Media yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan kognitif harus
berdasarkan asumsi bahwa kondisi pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang
berbeda memerlukan media yang berbeda. Asumsi ini banyak diabaikan oleh
pendidik yang berakibat pada rendahnya kualitas pemahaman yang diterima anak.
Dengan
demikian kita bisa memahami pula bahwa media yang digunakan haruslah mampu
membawa anak kepada dunia mereka. Dunia anak adalah dunia bebas dan murni untuk
menciptakan berbagai hal yang kreatif, berekspresi, bermain, dan belajar.
Jikapun anda akan mengajarkan belajar baca, tulis, dan hitung, maka anda tentu
harus melalui kegiatan yang menyenangkan dan tidak formal sehingga dirasakan
sebagai bagian dari kegiatan bermain. Janganlah hal itu seperti dipaksakan
sebab bila hal itu terjadi maka akan membuat psikis anak menjadi sakit. Anak
Taman Kanak-kanak perlu belajar secara konstruktif, terus menerus mengembangkan
kemampuan melalui permainan, melalui hal kongkret yang dapat dijangkau panca
indra anak secara dekat.
Keterlibatan
yang bisa anda lakukan terhadap anak haruslah berorientasi kepada kegiatan
pemecahan masalah sederhana, pengembangan keterampilan kognitif, seperti
bercerita, pengembangan kemampuan mengurus diri sendiri, menggambar bebas,
mensosialisasikan tulisan dengan bunyinya, mendengarkan dan bergerak bebas.
Misalnya saja, Budi yang menggambar tanpa kita tahu artinya, kita beri
kebebasan dia mengekspresikan hasil gambarnya dengan cerita verbalnya.
Penerapan Media dalam
Pengembangan Kognitif Siswa
Dunia
pendidikan Taman Kanak-kanak sangat mengharapkan kehadiran media pembelajaran
yang mampu mengembangkan domain kognitif anak yang bermutu tinggi. Kehadiran
media seperti ini tidak bermakna apapun jika guru tidak mampu mengembangkan dan
menggunakan secara maksimal. Oleh karena itulah guru masih memiliki peranan
dominan dalam menarik minat belajar anak serta mendukung perkembangan anak.
Pembelajaran
di TK memang membutuhkan berbagai alat peraga, media, permainan, dan alat bantu
lainnya karena memang usia anak sekolah di TK masih membutuhkan hal itu semua.
Oleh karena itu guru TK harus lebih kreatif, imajinatif, dan komunikatif dalam
menciptakan atau menemukan berbagai alat permainan dan media untuk anak mereka.
Masalah
aplikasi dalam penggunaan media dan pengajaran di TK adalah masalah yang harus
berdasarkan dengan kehidupan yang sesungguhnya dan harus membantu anak-anak
menyadari bahwa pelajaran dan permainan
yang mereka peroleh merupakan satu proses yang berguna dan penting. Apabila
suatu masalah diberikan, anak-anak bisa melihat manfaatnya.
No comments:
Post a Comment