Model Perilaku
Kognitif-Afektif dan Model Intelektual
Model 3
dimensional dirancang untuk membantu guru menentukan tugas-tugas di dalam kelas
yang berkenaan dengan dimensi kurikulum, perilaku anak dan perilaku guru. Model
ini berlandaskan pada pemikiran bahwa krativitas perlu dipupuk secara
menyeluruh dalam kurikulum dan bahwa anak harus mengembangkan kemampuan
berpikir kreatif dalam semua bidang kegiatan. Dengan menggunakan model ini
guru mampu menggunakan aneka ragam
strategi yang akan meningkatkan pemikiran kratif anak di dalam kelas.
Kemampuan
kognitif manusia yang disebut struktur intelek. Model struktur ini
menggambarkan keragaman kemampuan kognitif manusia, yang digambarkan dalam
bentuk kubus 3 dimensi intelektual, yang maksudnya untuk menampilkan semua
kognitif manusia.
Model Taksonomi
Beserta Contoh Penerapannya
Taksonomi
banyak digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam
kurikulum berdiferensiasi untuk anak berbakat serta untuk merencanakan dan
mengevaluasi kegiatan belajar sedemikian sehingga anak dapat mengembangkan
kemampuan kognitif mereka sepenuhnya. Dengan menggunakan taksonomi ini,
pengajar memberikan kesempatan kepada anak untuk memperluas proses-proses
pemikiran mereka, dimana anak dapat dengan segera mengenali cara bagaimana
berpikir, pada tingkat mana pertanyaan yang mereka ajukan dan sifat kegiatan
dimana mereka terlibat.
No comments:
Post a Comment