Pendekatan Inovatif
untuk Pengembangan Nilai-nilai Agama bagi Anak Taman Kanak-kanak
Pengembangan nilai-nilai
agama di TK berkaitan erat dengan pembentukan perilaku manusia, sikap, dan
keyakinan. Oleh karena itu, diperlukan berbagai inovasi pengembangan yang
komprehensif sesuai dengan perkembangan dan kemampuan anak didik. Adapun yang
melatarbelakangi esensi inovasi dalam bidang pengembangan pembelajaran adalah
munculnya berbagai kendala dan kelemahan serta kekuranglengkapan yang ada di
lingkungan penyelenggaraan pendidikan di TK.
Untuk
melaksanakan program pembelajaran nilai-nilai agama tersebut guru harus
mempelajari berbagai pendekatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan
kebutuhan anak didik, menyiapkan kurikulum yang komprehensif, dan adanya
kesinambungan antar satu program pengembangan dengan program lainnya.
Alternatif
inovasi dalam rangka meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar bagi
peserta didik adalah perlu adanya kurikulum terpadu, pendekatan pembelajaran
terpadu, dan hari terpadu.
Prinsip-prinsip
Inovasi untuk Pengembangan Nilai-nilai Agama Anak Taman Kanak-kanak
Beberapa inovasi pendekatan
pembelajaran termasuk dalam mengembangkan nilai-nilai agama bagi anak TK antara
lain pengalaman belajar, belajar aktif, dan belajar proses.
Upaya
yang dapat dilakukan oleh orangtua dan guru dalam rangka mengembangkan cinta
belajar pada diri anak adalah sebagai berikut:
1. kasih sayang
2. perlindungan dan perawatan
3. waktu yang diberikan kepada anak
4. lingkungan belajar yang kondusif
5. belajar bersikap adalah belajar
nilai
6. belajar moral di usia dini
Upaya
tersebut didasarkan pada prinsip developmentally appropriate practice dan
prinsip enjoyable.
Hal-hal
yang perlu diperhatikan dalam melakukan inovasi pendekatan dan pengembangan
nilai-nilai agama pada anak TK adalah sebagai berikut
1. berorientasi pada kebutuhan anak
2. belajar melalui bermain
3. kreatif dan inovatif
4. lingkungan yang kondusif
5. menggunakan pembelajaran terpadu
6. mengembangkan keterampilan hidup
7. menggunakan berbagai media dan sumber
belajar
8. pembelajaran yang berorientasi pada
prinsip-prinsip perkembangan anak
No comments:
Post a Comment