Rancangan
Pembelajaran Seni di TK
Pengembangan
kurikulum nasional pendidikan seni di TK berdasarkan kompetensi dasar, konsep
pembelajaran terpadu dengan kompetensi lintas kurikulum
Pembelajaran
terpadu seni di TK dapat dilakukan dalam beberapa model, keterpaduan belajar
antar bidang seni dengan melihat keterpaduan bidang kemampuan yang satu dengan
yang lain
Dalam proses
pembelajaran seni TK diusahakan agar anak memperoleh beragam pengalaman baik
dalam bidang seni maupun bukan bidang seni
Evaluasi
Pembelajaran Seni
Evaluasi pendidikan seni meliputi
aspek intelektual, perseptual, emosional, sosial, fisik, kreativitas, dan
estetika
Penilaian
diperoleh melalui catatan harian, wawancara dengan anak dan orang yang dekat
dengan anak dan portofolio. Laporan hasil penilaian berbetuk uraian.
Apresiasi
Seni di TK
Apresiasi seni adalah
kesadaran terhadap nilai-nilai seni dan budaya. Apresiasi berarti pula
penghargaan terhadap sesuatu, dalam hal ini penghargaan terhadap pelaku seni
dan karya seni. Apresiasi seni harus ditumbuhkan dan dikembangkan pada anak.
Cara
menumbuhkan apresiasi seni musik adalah sengan cara mendengarkan,
bereksplorasi, bermain musik, dan bernyanyi. Apresiasi seni tari dapat
ditumbuhkan dengan cara mendengar, melihat, melihat dan mendengarkan,
bereksplorasi dan menari. Sedangkan untuk menumbuhkan apresiasi seni rupa dapat
dilakukan dengan melihat, eksplorasi, membuat/mencipta.
Pada waktu
menonton pagelaran musik dan tari serta pameran seni rupa diperlukan mematuhi
tata tertib. Tata tertib perlu ditanamkan pada anak dengan beberapa cara,
antara lain
1. memberikan pengertian agar tidak
mengganggu pagelaran
2. berbisik di telinga anak apabila ingin
menyampaikan pesan, demikian sebaliknya
3. menyiapkan diri anak sebelum pagelaran
dimulai agar menonton dengan perut terisi
Kesadaran
estetik seni adalah muara pendidikan seni yang dapat ditumbuhkan sejak usia
dini sesuai dengan perkembangan anak, antara lain melalui apresiasi seni.
Kesadaran estetika seni dipengaruhi faktor budaya, sosial ekonomi, pengaruh
media masa, dan kemampuan berpikir fleksibel.
No comments:
Post a Comment