Instrumen Penilaian
dalam Pengembangan Nilai-nilai Keagamaan Anak Taman Kanak-kanak
Penilaian itu melaksanakan
pada proses pembelajaran. Oleh sebab itu, data yang dikumpulkan harus diperoleh
dari kegiatan nyata yang dikerjakan anak pada saat melakukan proses
pembelajaran. Karakteristik penilaian yang ideal adalah dilaksanakan selama dan
sesudah pembelajaran berlangsung, bisa digunakan untuk formatif formasi,
berkesinambungan, terintegrasi dan dapat digunakan sebagai feed back.
Untuk
menjaring data hasil belajar, anda dapat menggunakan hal-hal yang bisa memberikan
masukan penilaian prestasi anak seperti anak seperti hasil dari kegiatan
/proyek, pekerjaan rumah, karya wisata, penampilan anak, demonstrasi, dan
catatan observasi.
Instrumen
yang dapat anda digunakan untuk penilaian
di TK dengan memperhatikan sifat dan karakteristik adalah hasil kerja
anak yang meliputi hasil karya, hasil penugasan, kinerja anak, tes tertulis,
dan format observasi.
Petunjuk Penggunaan
Instrumen Penilaian Pengembangan Nilai-nilai Keagamaan Anak Taman Kanak-kanak
Alat penilaian yang digunakan
untuk menilai bidang pengembangan nilai-nilai agama adalah sebagai berikut
pengamatan dan pencatatan anekdot, penugasan melalui tes perbuatan, pertanyaan
lisan dan menceritakan kembali.
Hal-hal
yang dapat dicatat guru sebagai bahan
penilaian adalah anak-anak yang belum dapat menyelesaikan tugas dan anak-anak
yang dapat menyelesaikan tugas dengan cepat, kebiasaan anak yang belum sesuai
dengan yang diharapkan dan kejadian-kejadian penting yang terjadi pada hari
penulisan pelaporan hasil penilaian pada laporan perkembangan anak. Sebelum
uraian, terlebih dahulu dilaporkan perkembangan anak secara umum untuk
tiap-tiap program pengembangan. Untuk laporan secara lisan dapat dilaksanakan
dengan bertatap muka dan mengadakan hubungan atau informasi timbal balik antara
pihak TK dan orangtua dari si anak.
No comments:
Post a Comment