Keselarasan
Pendidikan di Lembaga PAUD dan di Rumah
Penciptaan
keselarasan antara pendidikan orang tua dan pendidikan di lembaga pendidikan
sangat penting sehingga terjadi kesamaan perlakuan terhadap anak dalam
mengembangkan berbagai aspek perkembangan yang dimilikinya secara optimal.
Ditemukan
beberapa kendala dalam mengembangkan keselarasan antara pendidikan yang
dilakukan orang tua dan pendidikan pada lembaga pendidikan yaitu sebagai
berikut:
1. Ada jarak sosial antara rumah dan
sekolah
2. perbedaan tentang tujuan pendidikan
3. Ada perasaan rendah diri pada
kalangan orangtua yang diakibatkan keterbatasan dan pengalaman ketidaksuksesan
sekolah merekadibandingkan para pendidik
4. Munculnya kekhawatiran pada diri
pendidik terhadap orangtua anak didik dengan tingkat pendidikan yang lebih
tinggi
5. Orangtua merasa tidak ada
pertolongan dan kesempatan untuk berkontribusi dalam cara yang bermakna
terhadap program
6. Orangtua dan pendidikan membawa
tekanan mereka dalam hubungan tersebut
Adapun
Upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk membina penyelarasan antara orangtua dan
lembaga pendidikan adalah;
1. harus ada waktu yang dijadwalkan
bagi para pendidik untuk bekerja dengan orangtua
2. para pendidik harus mendengar dengan
sungguh-sungguh dan menyampaikan gagasan bahwa orangtua adalah pimpinan dalam
tim orangtua yang mendukung perkembangan anak;
3. program-program harus
mengimplementasikan program pelibatan yang dirancang untuk kebutuhan
keterlibatan orang tua
4. program-program yang dibutuhkan
harus bekerja untuk mendukung orangtua seperti untuk kegiatan perawatan anak
Dukungan
orangtua di rumah terhadap kegiatan pengembangan di lembaga PAUD dapat
dilaksanakan dalam bentuk kegiatan-kegiatan berikut;
1. Mengontrol waktu belajar dan cara
belajar anak
1. Ciptakanlah suasana di rumah yang
mendukung anak untuk melakukan kegiatan pembelajaran sebagaimana yang
dilaksanakan di lembaga pendidikan
2. Jadwalkan waktu belajar yang teratur
3. Hindarkan semua hal-hal yang dapat
mengganggu anak belajar
4. Pastikan anak anda mengerjakan
sendiri kegiatan/tugas dari lembaga pendidikan
5. Perhatikanlah kegiatan anak di
lembaga pendidikan
6. Berikan teladan yang baik
7. Berikan pujian kepada anak atas
usahanya untuk menyelesaikan kegiatannya
2. Memantau perkembangan berbagai aspek
perkembangan anak
3. Memantau perkembangan kepribadian
yang mencakup sikap, moral, dan tingkah laku anak-anak
4. Memantau efektifitas jam belajar di
lembaga pendidikan
Komunikasi Orang Tua
dan Pendidik terhadap Perkembangan Anak
Komunikasi
merupakan bagian penting dalam kegiatan kerja sama orangtua dan pendidikan
dalam mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak.
Secara
umum berdasarkan langsung tidaknya komunikasi itu dilakukan terdapat dua jenis
komunikasi yaitu komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung.
Komunikasi
langsung yaitu komunikasi yang menyampaikan pesannya tidak memerlukan bantuan
perantara atau media.
Dalam
komunikasi langsung ada beberapa ciri yang harus diketahui dan dihayati
pendidik yaitu keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesamaan.
Komunikasi
tidak langsung adalah komunikasi yang dilaksanakan melalui perantara atau juga
sering disebut media. Media tersebut sengaja dibuat melalui suatu perencanaan
secara matang.
Bentuk-bentuk
kegiatan komunikasi perkembangan anak antara lain; kunjungan rumah, kunjungan
sekolah, percakapan telepon, kunjungan secara kebetulan, pertemuan
orangtua-pendidik, kelompok-kelompok studi, rapat orangtua yang terencana,
laporan berkala, dan buku pedoman orangtua.
No comments:
Post a Comment