Penciptaan
Karya Tari
Penciptaan
tari bagi penata tari yang berlatar belakang pendidikan tari, diawali dengan
kegiatan menulis perencanaan tari. Tujuan menulis rencana tari adalah untuk
panduan dan acuan penata tari pada waktu proses mencipta tari. Bagi seniman
yang berlatar belakang pendidikan tari, mengungkapkan gagasan tari dalam bentuk
tulisan bermanfaat untuk alat kontrol, agar dalam proses mencipta tari selalu
bekerja dan bersikap konsisten, membuat karya seperti dalam gagasannya. Bagi
orang lain, rencana tari bermanfaat untuk memberikan gambaran utuh mengenai
wujud karya tari yang akan dibuat. Oleh karena itu, rencana tari disebut pula
dengan konsep tari. Hal penting yang harus dijelaskan dalam konsep tari adalah:
1. latar belakang mencipta tari
2. manfaat mencipta tari
3. acuan teoritik bentuk tari
4. tujuan mencipta tari
5. rencana langkah-langkah mencipta tari
6. rencana orientasi garapan
7. rencana komposisi tari
Pengetahuan
Mencipta Tari
Guru TK
harus melibatkan anak didiknya dalam proses mencipta tari dan membimbing anak
pada waktu proses mencipta tari.
Kita sebagai
guru TK penting untuk mengetahui langkah kegiatan mencipta tari yang dilakukan
oleh penata tari dan koreografer profesional, yang dapat dijadikan sebagai
pedoman kerja pada saat guru mencipta tari, sehingga dapat mencapai proses
mencipta tari yang benar.
Proses kegiatan
mencipta tari penata tari dan koreografer, dimulai dari kegiatan menemukan
gagasan, mendalami gagasan, mewujudkan gagasan/komposisi tari dan pementasan
tari.
1. kegiatan yang dapat dilakukan untuk
menemukan sebuah gagasan, adalah mengamati benda, alam semesta, kegiatan,
peristiwa dan sebagainya atau merasakan suatu gejala alam,sosial, seni, budaya,
dan sebagainya.
2. merenungkan dan menelaah melalui
kegiatan berpikir, mencari jawaban dan bertanya kepada orang yang dianggap tahu
tentang gagasan tari.
3. terjun langsung ke lapangan, mengamati
hal-hal yang berkaitan dengan gagasan tari (tema, media, bentuk, gaya, nilai
budaya, estetika, dan sebagainya).
4. studi pustaka, berkaitan dengan gagasan
tari
Sedangkan
pada tahap mendalami gagasan dapat dilakukan dengan cara melakukan eksplorasi,
improvisasi, dan evaluasi.
Sedangkan
dalam tahap mewujudkan ide/komposisi, kita akan melakukan penyusunan atau
pembuatan komposisi gerak, desain lantai, desain atas, desai musik, dramatik
dan tema tari. Kesemuanya itu dilakukan untuk mewujudkan gagasannya.
Terakhir,
dalam tahap pementasan tari kita akan menyelenggarakan pertunjukan karya tari
di depan penonton. Serangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam tahap
pementasan tari adalah latihan, pergelaran, dan pembahasan/evaluasi tari. Dalam
melaksanakan seluruh kegiatan penciptaan tari, dituntut kemampuan-kemampuan,
seperti kemampuan berpikir, kepekaan keindahan, kepekaan emosi, intuisi,
imajinasi,, fantasi, kreativitas, dan bakat untuk mengekspresikan gagasan.
Pementasan
Tari
Rangkaian
kegiatan pementasan tari adalah latihan, pementasan tari dan
pembahasan/evaluasi tari. Bagi guru latihan tari merupakan sarana untuk melatih
keterampilan anak bergerak, melatih kepekaan ritme dan tempo musik kepada anak,
melatih kemampuan menghayati dan mengungkapkan peran yang sedang ditarikan.
Berbagai sikap anak juga dapat ditumbuhkembangkan melalui
kegiatan latihan ini, diantaranya sikap mau dan dapat bekerja sama dengan orang
lain, sikap berani berkomusikasi dengan orang lain, dan memupuk sikap mau
berusaha.
Pementasan
merupakan puncak dari keseluruhan proses penciptaan tari. Pementasan tari
sebagai media untuk menunjukkan hasil karya anak dan guru kepada orang lain.
Berbagai sikap anak dapat tumbuh dan berkembang dari kegiatan ini, diantaranya
memupuk sikap percaya diri bagi anak, memupuk sikap berani tampil depan banyak
orang, memupuk sikap berani
mengekspresikan diri.
Pembahasan/evaluasi
tari berfungsi untuk umpan balik demi kesempurnaan pementasan tari berikutnya.
Bagi anak-anak, kegiatan ini bermanfaat untuk melatih kemampuannya melihat,
merasakan, dan menanggapi terhadap hal-hal yang baru saja mereka lihat dan
dengar dari atas pentas, pada akhirnya anak dapat menghargai tari dan dapat
memberikan penilaian kepada pementasan tari dan memupuk sikap berani
mengungkapkan pendapat kepada orang lain.
No comments:
Post a Comment