Perencanaan
Pembelajaran Seni Rupa di TK
Sebagai guru
TK kita penting memperhatikan bahwa bagi anak-anak TK bukan hasil karya yang
diutamakan namun pengalaman belajar yang menyenangkan dan kaya eksplorasi yang
dibutuhkan anak.
Pengalaman
ini akan menimbulkan kesan yang mendalam dan memberikan kesenangan, kepuasan
dan kenyamanan. Hal ini dimungkinkan karena program kegiatan seni bersifat
fleksibel.
Rasa percaya
diri adalah faktor utama dalam mencapai kesenangan dan kesuksesan dalam
pengalaman seni anak.
Berbagai
stimulus yang dapat diberikan untuk anak-anak balita agar mereka termotivasi
berkreasi seni antara lain menyediakan material seni yang mudah dikuasai,
menyediakan ruang yang nyaman untuk berkarya, dan memberi kebebasan anak untuk
mengeksplorasi materi seni sesuai keinginannya.
Tema yang
disenangi anak TK dalam berkarya seni rupa biasanya bersumber dari realitas
dunia anak, misalnya anggota keluarga, lingkungan bermain, alat permainan,
hewan peliharaan atau kesayangan, dongeng yang diceritakan guru, sirkus, kebun
binatang, kolam renang, taman bermain dan seterusnya.
Suatu
pengkajian terhadap gambar anak menunjukkan hasil bahwa gambar anak dapat
diklasifikasikan dalam 4 kategori yaitu:
1. gambar spontan, gambar yang dibuat atas
inisiasi anak sendiri sebagai suatu kegiatan bermain
2. gambar bebas, gambar yang dibuat atas
permintaan guru atau orang tua atau teman namun tema dan objek gambar dipilih
sendiri oleh anak.
3. gambar terarah, gambar yang
tema/topiknya sudah diarahkan
4. menyalin gambar atau melengkapi gambar,
gambar yang telah disiapkan, contohnya dalam lembar kerja siswa
Situasi yang
dapat memotivasi anak dalam berkarya dapat dilakukan melalui bermacam-macam
metode pembinaan, antara lain, metode pembinaan ekspresi, metode pembinaan
kreativitas, metode pembinaan sensitivitas.
Pembinaan
ekspresi merupakan pembinaan proses pengungkapan perasaan termasuk ungkapan
jiwa, pembinaan ekspresi meliputi 2 hal:
1. memberikan rangsangan kepada anak untuk
mengaktifkan pengungkapan jiwa dengan cara
1. pendekatan langsung pada alam dan
peristiwa di luar kelas, misalnya: mengenal proporsi, bayangan, mengenal
bermacam aroma, tekstur.
2. pembangkitan minat berdasarkan
pengalaman anak
2. melatih keberanian, spontanitas dan
keterampilan menggunakan bermacam-macam
media ungkap, sebagai saran mengekspresikan perasaan jiwa, dengan cara
1. Eksplorasi, kegiatan menjelajah, mencoba ide atau material lain
1. Eksplorasi, kegiatan menjelajah, mencoba ide atau material lain
2. eksperimen,
kegiatan menemukan hal-hal baru yang didapat dalam proses mencoba berbagai
media ungkap.
Pembinaan
kreativitas, bisa diartikan dengan kemampuan mencipta, menanggapi persoalan,
memiliki keaslian, serta memiliki kemampuan berpikir secara menyeluruh.
Pembinaan
sensitivitas berarti kepekaan rangsangan dari luar yang diserap melalui
pancaindra, cara membina sensitivitas dapat ditempuh melalui
1. latihan melihat sesuatu, misal
mengamati macam bentuk, warna, tekstur, kemudian diserap oleh anak hingga
menimbulkan berbagai tanggapan dan perasaan.
2. latihan merespon pengalaman sensori,
misalnya mengenali karakter macam-macam tekstur dengan meraba permukaan sesuatu
benda.
3. mempelajari, menganalisis susunan
sesuatu.
Metode
pembinaan keterampilan, keterampilan disini meliputi segala macam teknik penggunaan
serta pengenalan alat-alat atau media ungkap seni rupa.
Apresiasi
seni adalah kesadaran akan nilai-nilai seni. Kesadaran ini meliputi pemahaman, penghayatan, dan kemampuan untuk
menghargai karya seni.
Proses
Penciptaan Karya Seni Rupadi TK
Dalam proses penciptaan
karya seni rupa di TK ada 4 kategori sebagai berikut
1. mengamati, yang memberi kesempatan
untuk mengembangkan kemampuan pengamatan kritis.
2. merasakan, yang memberi peluang untuk
mengembangkan respon estetis melalui kegiatan apresiasi dan pengembangan
kepekaan penilaian estetis
3. berpikir, yang memberi peluang untuk
mengembangkan kemampuan mengevaluasi dan mengapresiasi, melalui evaluasi
objektif dan diskriminasi personal
4. melakukan, yang memberikan peluang
untuk mengembangkan keterampilan memanipulasi alat dan media dalam menghadirkan
visual-form yang merupakan ungkapan emosi, gagasan, dan perasaan.
Proses
penciptaan karya seni rupa melalui berpikir, bisa diartikan dengan kemampuan
mengevaluasi dan mengapresiasi.
1. menggambar adalah media yang paling
ekspresif, yang dengan langsung dapat mengungkapkan gagasan serta ide dari
dalam diri seorang anak secara bebas
2. dalam membuat lukisan dengan jari hal
utama yang perlu diperhatikan adalah penggunaan cat yang khusus, dalam hal ini
kita dapat membeli cat jari atau membuatnya sendiri.
3. sebelum membuat lukisan dengan jari,
sebaiknya kertas dibasahi terlebih dahulu, agar cat dapat mengalir dengan
lancar
4. alat lain yang dapat dilakukan untuk
anak TK dalam membuat gambar yaitu dengan sedotan, yang berguna sebagai
pengganti kuas
5. konstruksi dibangun dengan merekatkan
batang ice cream yang disusun tumpang tindih
6. persilangan susunan batang ice cream
membangun dimensi bidang yang berirama gerak ke segala arah. Hal ini dapat
melatih anak dalam mengenal makan hubungan, gerak, irama, dan bidang.
No comments:
Post a Comment