Metode yang Digunakan
pada Pengembangan Kognitif
Metode
merupakan bagian dari strategi kegiatan. Setiap pendidik menggunakan metode
sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
Sebagai
alat untuk mencapai tujuan tidak selamanya metode berfungsi secara maksimal.
Oleh karena itu dalam memilih metode, pendidik perlu memiliki alasan yang kuat
dan perlu memperhatikan karakteristik tujuan dan karakteristik anak yang
dibinanya.
Sesuai
dengan karakteristik, tidak semua metode mengajar cocok digunakan pada program
kegiatan anak Taman Kanak-kanak, seperti metode ceramah, kurang cocok karena
menuntut anak memusatkan perhatian dalam waktu cukup lama, padahal rentang
waktu perhatian anak sangat singkat.
Metode
mengajar yang sesuai dengan karakteristik anak usia Taman Kanak-kanak adalah
bermain, pemberian tugas, demonstrasi, tanya jawab, mengucapkan syair,
percobaan, bercerita, karya wisata, dan dramatisasi.
Evaluasi Pengembangan
Kognitif
Evaluasi
pada pengembangan kognitif bertujuan untuk mengukur kemampuan pelaksanaan pada
perkembangan kognitif, serta mengetahui masalah yang berkaitan dengan proses
belajar anak didik.
Alasan
diadakannya evaluasi pada pengembangan kognitifadalah karena merupakan salah
satu rangkaian proses mengembangkan kognitif anak, maka evaluasi harus dilakukan;
evalusasi diadakan dengan tujuan yang didasarkan pada pengharapan setiap
individu yang berbeda sehingga evaluasi
harus dilakukan berdasarkan ukuran keberhasilan yang berbeda pula; melalui
evaluasi dapat ditentukan tingkat ketercapaian tujuan.
Alat evaluasi
yang dapat digunakan untuk mengetahui pengembangan kognitif anak Taman
Kanak-kanak adalah; observasi, catatan anekdot, portofolio, asesmen kinerja,
asesmen kemampuan, asesmen diri.
No comments:
Post a Comment