Prinsip Dasar
Vygotsky tentang Perkembangan Kognitif
Vygotsky
mengatakan bahwa jalan pikiran seseorang harus dimengerti dari latar
sosial-budaya dan sejarahnya. Artinya, untuk memahami pikiran seseorang bukan
dengan cara menelusuri apa yang ada di balik otaknya dan pada kedalaman
jiwanya, melinkan dari asal-usul tindakan sadarnya dan dari interaksi sosial
yang dilatari oleh sejarah hidupnya.
Tujuan dan
Implementasi Model Pembelajaran Vygotsky
Vygotsky
mengemukakan bahwa peningkatan fungsi-fungsi mental seseorang terutama berasal
dari kehidupan sosial atau kelompoknya, dan bukan sekedar dari individu itu
sendiri. Teori Vygotsky sebenarnya lebih tepat disebut sebagai pendekatan
ko-konstruktivisme. Konsep-konsep penting teori Vygotsky tentang perkembangan
kognitif yang sesuai dengan teori revolusi-sosiokultural adalah hukum genetik
tentang perkembangan, zona proksimal dan mediasi.
No comments:
Post a Comment