Memahami Hakikat dan
Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Anak
dengan kebutuhan khusus adalah anak yang secara signifikan mengalami
kelainan/penyimpangan dalam proses perkembangannya dibandingkan dengan
anak-anak lain seusianya sehingga mereka memerlukan pelayanan pendidikan
khusus. Secara singkat masing-masing jenis kelainan dijelaskan sebagai berikut.
1. Tunanetra adalah anak yang mengalami
gangguan penglihatan
2. Tunarungu adalah anak yang mengalami
gangguan pendengaran
3. Tunadaksa adalah anak yang mengalami kelainan anggota
tubuh
4. Berbakat adalah anak yang memiliki
kemampuan dan kecerdasan luar biasa
5. Tunagrahita
6. Lamban Belajar
7. Anak yang mengalami kesulitan
spesifik
8. Anak yang mengalami gangguan
komunikasi
9. Tunalaras adalah anak yang mengalami
gangguan emosi dan perilaku
Pelibatan Orangtua
dan Masyarakat dalam Kegiatan Pengembangan Anak Berkebutuhan Khusus
Partisipasi
seseorang atau suatu kelompok masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan
anak berkebutuhan khusus tergantung pada pengetahuan tentang pendidikan inklusi
sehingga terlihat pada; 1. pengambilan keputusan terhadap penyelenggaraan
pendidikan inklusif; reaksi terhadap pendidikan inklusif; 2. sikap terhadap
pendidikan inklusif yaitu perasaan terhadap penyelenggaraan pendidikan
inklusif; 3. tingkah laku yakni apa yang dilakukannya terhadap penyelenggaraan
inklusif; dan keyakinan-keyakinan yang ada tentang penyelenggaraan pendidikan
inklusif tersebut; 4. Kebutuhan terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif.
Sedangkan
tingkat partisipasi baik perseorangan
maupun kelompok terhadap penyelenggaraan pendidikan inklusif dapat dilihat dari
berbagai segi, yaitu; 1. Derajat keterlibatan, mulai dari sekedar mengetahui
adanya suatu usaha sampai dengan ikut aktif menyumbangkan pikiran, tenaga,
maupun materi. 2. Prakarsa keterlibatan, yang dapat dibedakan antara
keterlibatan spontan, dengan persuasi, atau melalui paksaan. 3. Organisasi
keterlibatan, yang dapat dibedakan menjadi keterlibatan perseorangan atau
secara kelompok. 4. Sikap dalam keterlibatan, mulai dengan yang mendukung,
setuju, sampai yang menentang.
No comments:
Post a Comment