Wednesday, June 29, 2016

Pengertian Kecerdasan Linguistik-Verbal pada Anak Usia Dini

Pengertian Kecerdasan Linguistik-Verbal pada Anak Usia Dini
            Kecerdasan linguistik-verbal adalah kemampuan menyelesaikan masalah, mengembangkan masalah, dan menciptakan sesuatu dengan menggunakan bahasa secara efektif, baik lisan maupun tertulis.
            Komponen inti kecerdasan linguistik-verbal, meliputu kemampuan memanipulasi tata bahasa, fonologi, sematik, dan prakmatik. Kecerdasan linguistik mencakup juga empat kemampuan keterampilan bahasa, menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Semua komponen kecerdasan linguistik ini tidak mutlak dimiliki secara optimal oleh setiap individu, menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Semua komponen kecerdasan linguistik ini tidak mutlak dimiliki secara optimal oleh setiap individu.
            Kecerdasan linguistik memiliki wilayah utama di hemister kiri, yakni di broca dan di wernicke. Hemisfer kiri juga berperan untuk kemampuan prakmatik dan humor.

            Kecerdasan linguistik memiliki sepuluh indikator yang meliputi semua komponen dan anak-anak usia 2-6 tahun menunjukkan indikator pada semua komponen tersebut sesuai dengan tingkat perkembangannya. 

No comments:

Post a Comment