Peranan Penelitian Tindakan Kelas dalam
Mengatasi Masalah Pembelajaran
Penelitian tindakan kelas merupakan
suatu pendekatan dalam memecahkan masalah pendidikan. di samping itu, dapat
memerankan guru sebagai pendidik sekaligus dapat berperan sebagai peneliti
dalam memecahkan masalah pendidikan.
Penelitian tindakan kelas terjadi
apabila guru ingin tahu dan ingin memecahkan masalah untuk memperbaiki mutu
pendidikan, untuk itu ia melakukan tindakan yang berhubungan dengan stuasi
kelasnya.
Seorang guru yang melakukan
penelitian tindakan di dalam kelas dikatakan melakukan penelitian tindakan
kelas, yaitu gabungan antara penelitian tindakan dan penelitian kelas.
Langkah-langkah penelitian kelas,
meliputi mengidentifikasi masalah, menganalisis masalah, dan menentukan
faktor-faktor yang diduga sebagai penyebab utama merumuskan gagasan-gagasan
pemecahan masalah bagi faktor penyebab utama yang gawat dengan mengumpulkan data
dan menafsirkannya untuk mempertajam gagasan tersebut dan untuk merumuskan
hipotesis tindakan sebagai pemecahan masalah.
Langkah-langkah dalam penelitian
kelas, meliputi kelaikan solusi atau pilihan pemecahan masalah, merancang model
PTK sesuai dengan permasalahan, rencana kegiatan tindakan dan keadaan situasi
kelas mengatur langkah-langkah tindakan yang akan dilakukan, melakukan
identifikasi komponen-komponen pendukung yang diperlukan melakukan pengaturan
dan penyusunan jadwal kegiatan yang akan dilakukan, menyusun desain tindakan
sesuai dengan model PTK dan jadwal kegiatan.
No comments:
Post a Comment