Wednesday, June 29, 2016

Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) pada Anak Usia Dini

Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) pada Anak Usia Dini
            Kecerdasan majemuk anak diidentifikasi melalui observasi terhadap perilaku, tindakan, kecenderungan bertindak, kepekaan anak terhadap sesuatu, kemampuan yang menonjol, reaksi spontan, sikap, dan kesenangan.
            Hal-hal yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan verbal-linguistik anak adalah kesenangan dan kemampuan mereka berbicara, kemampuan melucu dan menangkap kelucuan, kesenangan menggunakan huruf, kecintaan terhadap buku, dan kemampuan baca tulis.
            Hal-hal yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan logis-matematis anak adalah kesenangan tehadap angka-angka,kemampuan berpikir dan menggunakan logika, kesukaan bertanya, kecenderungan bersetrategi coba-ralat dan duga-uji,kecenderungan bermain konstruktif-pola-strategik, kecenderungan berpikir kategorial, serial, dan klasifikasi.
            Hal-hal yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan visual-spasial anak adalah kemampuan memadukan warna, kesenangan membuat gambar, kemampuan memahami arah dan bentuk, dan kemampuan anak mencipta bentuk sederhana.
            Hal-hal yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan musikal anak adalah kesenangan dan kemampuan dalam menghafal/mengikuti lagu dan bunyi, kepekaan menangkap nada-nada dan irama, kecenderungan musikal dalam berbicara dan kemerduan suara, kesenangan dan kemampuan memainkan alat musik, kemampuan mengenali berbagai jenis suara di sekitarnya.
            Hal-hal yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan kinestetik anak adalah frekuensi gerak yang tinggi, kemampuan koordinasi tubuh, keluwesan dan kelenturan gerak lokomotor-nonlokomotor,kemampuan mengontrol dan mengatur tubuh, kecenderungan belajar dengan gerak dan sentuhan.
            Hal-hal yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan interpersonal anak adalah kepekaan terhadap perasaan teman sebaya, kemampuan mengorganisasi teman sebaya, kemampuan memotivasi dan mendorong orang lain, keramahan sikap dan kemampuan bersosialisasi, kecenderungan bekerja sama dengan orang lain dan berbagi, kemampuan menengahi konflik.
            Hal-hal yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan naturalis anak adalah kesenangan terhadap tumbuhan, sikap sayang terhadap hewan, kemampuan mengenali nama-nama/ jenis binatang dan tumbuhan, kesukaan dan keingintahuan terhadap dunia hewan atau tumbuhan, kepekaan terhadap ciri unsur alam, kesenangan terhadap alam.
            Hal-hal yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan intrapersonal anak adalah kecenderungan pendiam, sikap dan kemauan yang kuat, sikap percaya diri, kecenderungan untuk bekerja sendiri dan mandiri, kemampuan mengekspresikan perasaan dan keinginan diri.

            Hal-hal yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan eksistensial anak adalah kecenderungan mengajukan pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang hakikat sesuatu, kepekaan merasakan keberadaan diri, kemampuan menjabarkan penilaian dan reaksi terhadap sesuatu, reaksi anak yang relatif terkendali, keberanian menerima/memperjuangkan keyakinan.

No comments:

Post a Comment