Kecerdasan Majemuk (Multiple Intelligences) pada Anak Usia
Dini
Kecerdasan
majemuk anak diidentifikasi melalui observasi terhadap perilaku, tindakan,
kecenderungan bertindak, kepekaan anak terhadap sesuatu, kemampuan yang
menonjol, reaksi spontan, sikap, dan kesenangan.
Hal-hal
yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan verbal-linguistik anak
adalah kesenangan dan kemampuan mereka berbicara, kemampuan melucu dan
menangkap kelucuan, kesenangan menggunakan huruf, kecintaan terhadap buku, dan
kemampuan baca tulis.
Hal-hal
yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan logis-matematis anak adalah
kesenangan tehadap angka-angka,kemampuan berpikir dan menggunakan logika,
kesukaan bertanya, kecenderungan bersetrategi coba-ralat dan duga-uji,kecenderungan
bermain konstruktif-pola-strategik, kecenderungan berpikir kategorial, serial,
dan klasifikasi.
Hal-hal
yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan visual-spasial anak adalah
kemampuan memadukan warna, kesenangan membuat gambar, kemampuan memahami arah
dan bentuk, dan kemampuan anak mencipta bentuk sederhana.
Hal-hal
yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan musikal anak adalah
kesenangan dan kemampuan dalam menghafal/mengikuti lagu dan bunyi, kepekaan
menangkap nada-nada dan irama, kecenderungan musikal dalam berbicara dan
kemerduan suara, kesenangan dan kemampuan memainkan alat musik, kemampuan
mengenali berbagai jenis suara di sekitarnya.
Hal-hal
yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan kinestetik anak adalah
frekuensi gerak yang tinggi, kemampuan koordinasi tubuh, keluwesan dan
kelenturan gerak lokomotor-nonlokomotor,kemampuan mengontrol dan mengatur
tubuh, kecenderungan belajar dengan gerak dan sentuhan.
Hal-hal
yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan interpersonal anak adalah
kepekaan terhadap perasaan teman sebaya, kemampuan mengorganisasi teman sebaya,
kemampuan memotivasi dan mendorong orang lain, keramahan sikap dan kemampuan
bersosialisasi, kecenderungan bekerja sama dengan orang lain dan berbagi,
kemampuan menengahi konflik.
Hal-hal
yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan naturalis anak adalah
kesenangan terhadap tumbuhan, sikap sayang terhadap hewan, kemampuan mengenali
nama-nama/ jenis binatang dan tumbuhan, kesukaan dan keingintahuan terhadap
dunia hewan atau tumbuhan, kepekaan terhadap ciri unsur alam, kesenangan
terhadap alam.
Hal-hal
yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan intrapersonal anak adalah
kecenderungan pendiam, sikap dan kemauan yang kuat, sikap percaya diri,
kecenderungan untuk bekerja sendiri dan mandiri, kemampuan mengekspresikan
perasaan dan keinginan diri.
Hal-hal
yang perlu diobservasi untuk mengetahui kecerdasan eksistensial anak adalah
kecenderungan mengajukan pertanyaan-pertanyaan mendasar tentang hakikat
sesuatu, kepekaan merasakan keberadaan diri, kemampuan menjabarkan penilaian
dan reaksi terhadap sesuatu, reaksi anak yang relatif terkendali, keberanian
menerima/memperjuangkan keyakinan.
No comments:
Post a Comment