Dasar-dasar Kebijakan Pendidikan
Sebuah kebijakan pendidikan
dirumuskan atas dasar evaluasi kebijakan sebelumnya yang kemudian digunakan
untuk mengantisipasi masalah pendidikan. Terdapat 7 isu pendidikan yang
dijadikan prioritas da dasar bagi penetapan dan perumusan kebijakan pendidikan.
Rembuk Nasional Pendidikan pada dasarnya adalah melakukan analisis terhadap
hasil evaluasi yang terdahulu maupun terhadap kebijakan yang sedang berjalan
sehingga kita dapat mengadakan proyeksi, prediksi dan perkiraan serta dapat
menentukan kebijaksanaan resmi karena sebagaimana disebutkan dalam Rembuk
Nasional Pendidikan bahwa disamping mempersoalkan validitas, reliabilitas, dan
fisibilitas alat-alat evaluasi, evaluasi pendidikan juga sekaligus melihat
substansi yang dievaluasi. Kemudian informasi yang didapatkan dilihat kesahihan
dan keandalannya dan substansi yang dievaluasi juga dilihat apakah telah sesuai
dengan target-target yang telah ditetapkan.
Contoh kaitan pendidikan dengan
perubahan sosial, misalnya pertumbuhan ekonomi telah dapat diserap oleh
peningkatan jumlah kaum terdidik, yang pada masa lalu hanya terbentuk dari
lapisan kecil masyarakat saja. Sementara itu, dalam era pasca kemerdekaan
hingga kini jumlah kaum terpelajar semakin meningkat dan telah menduduki jabatan-jabatan
penting di pemerintahan. Kebijakan pendidikan yang dirumuskan sebagai hasil
Rembuk Nasional Pendidikan, meliputi "bagaimana kebijakan dan strategi
pendidikan dalam penuntasan wajar 9 tahun" dan "bagaimana kebijakan
dan strategi pendidikan dalam peningkatan akses pendidikan menengah atau
perintisan wajar 12 tahun". Anda dapat menyimak kebijakan hasil rembuk
nasional yang meliputi "bagaimana kebijakan dan strategi pembangunan
pendidikan dalam pemerataan dan peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan",
bagaimana kebijakan pembangunan pendidikan dalam kaitannya dengan ujian
nasional, kurikulum tingkat satuan pendidikan, akreditasi sekolah, akreditasi
pendidikan nonformal,"bagaiman kebijakan pendidikan dlam upaya
pemberantasan buta aksara dan pendidikan kecakapan hidup" bagaimana
kebijakan pembangunan pendidikan dalam kaitannya dengan optimalisasi
pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyelenggaraan
pendidikan"
No comments:
Post a Comment