Wednesday, June 29, 2016

Pengertian Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini

Pengertian Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini
           
           Kecerdasan naturalis adalah keahlian mengenali dan mengategorikan spesies, baik flora maupun fauna di lingkungan sekitar, dan kemampuan mengolah dan memanfaatkan alam, serta melestarikannya.
            Komponen inti kecerdasan naturalis adalah kepekaan terhadap alam, keahlian membedakan anggota-anggota suatu spesies, kemampuan mengenali eksistensi spesies lain, dan kemampuan memetakan hubungan antara spesies, baik secara formal atau informal.
            Sistem neurologis kecerdasan naturalis di wilayah lobus pariental kiri yang penting untuk membedakan “makhluk hidup” dengan “benda mati”.
            Terdapat setidak-tidaknya, sepuluh indikator kecerdasan naturalis, yang dapat diwujudkan dalam kegiatan investigasi, eksperimen, menemukan elemen, fenomena alam, pola cuaca, dan kondisi yang mengubah karakteristik sebuah benda.

            Kecerdasan naturalis pada anak usia 2-3 tahun baru muncul dalam bentuk perhatian dan minat terhadap alam, langsung maupun gambar. Anak usia 3-4 tahun sudah memiliki perhatian, minat, dan pengetahuan terhadap alam, kemampuan memperlakukan hewan dan menyampaikan pengamatan, serta memiliki cita-cita. Anak-anak TK (usia 4-6 tahun)memiliki minat terhadap alam,( dengan mengamati, terlibat, mencermati gambar, mengoleksi unsur tumbuhan/hewan), merawat dan memelihara hewan-tumbuhan, mendokumentasikan melalui gambar, dan mencari informasi (bertanya, melihat tayangan, dan membaca).

No comments:

Post a Comment