Wednesday, June 29, 2016

Hakikat Pendidikan Lingkungan pada Anak Usia Dini

Hakikat Pendidikan Lingkungan pada Anak Usia Dini
               Pendidikan lingkungan pada anak usia dini bukanlah hanya tanggung jawab lembaga pendidikan, tetapi merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk orangtua dan masyarakat. Tetapi sebelum orangtua dan masyarakat terlibat langsung dalam pendidikan lingkungan, terlebih dahulu mereka harus memahami makna pendidikan lingkungan itu sendiri, terutama yang dikhususkan bagi anak usia dini.
               Jika lingkungan diartikan sebagai segala proses melatih, membimbing dan mengarahkan seseorang agar menjadi lebih baik, maka pendidikan lingkungan secara sederhana dapat diartikan sebagai upaya atau proses melatih, membimbing, dan mengarahkan seseorang, dalam hal ini adalah anak usia dini agar mereka menjadi lebih berakhlak, cerdas, sehat dan bertanggung jawab dalam menghadapi, berinteraksi, dan memanfaatkan segala sesuatu yang berada di sekitarnya.
               Pendidikan lingkungan pada anak usia dini haruslah tepat sasaran. Terdapat beberapa sasaran terpenting dari pendidikan lingkungan pada anak usia dini yaitu agar anak-anak;
               1.            memiliki pengetahuan tentang lingkungan yang lebih baik
2.            memiliki kemampuan berinteraksi dengan lingkungan hidup secara lebih tepat dan lebih baik
3.            memiliki kemampuan mengelola lingkungan hidup lebih tepat dan lebih baik
4.            dapat memanfaatkan lingkungan hidup lebih tepat, wajar, dan lebih baik
5.            pada dirinya tumbuh kemauan untuk berbuat yang baik untuk lingkungan
6.            dapat menghindari dampak-dampak buruk dari lingkungan dan pengaruh-pengaruh lainnya yang lebih luas
               Keenam sasaran di atas merupakan kunci dari pentingnya penerapan pendidikan lingkungan pada anak usia dini. Dengan pendidikan lingkungan inilah diharapkan anak dapat memecahkan persoalan-persoalan kritis yang terkait llingkungan serta sekaligus membantu membentuk ketahanan anak dalam menghadapi kehidupan yang lebih luas dan kompleks di masa depannya.
               Agar semua harapan tersebut dapat efektif dan melekat dengan sempurna, maka dalam penerapannya harus memperhatikan beberapa prinsip, sehingga dalam pendidikan lingkungan pada anak usia dini menjadi jelas acuannya, di antara prinsipnya adalah sebagai berikut;
1.            Penyelenggaraan Pendidikan lingkungan hendaklah dilakukan secara aktual dan bersifat emergen
2.            Penyelenggaraan pendidikan lingkungan hendaklah dilakukan dalam suasana yang menyenangkan, atau melalui bermain
3.            Penyelenggaraan pendidikan lingkungan sebaiknya dikaitkan dengan kehidupan nyata di sekitar anak
4.            Penyelenggaraan pendidikan lingkungan hendaklah dilakukan secara terintegrasi
5.            Materi pendidikan lingkungan hendaklah disajikan melalui objek yang menarik

6.            Pendidikan lingkungan hendaklah menjunjung tinggi nilai keamanan dan terhindar dari kecelakaan yang tidak diharapkan

No comments:

Post a Comment