Komunikasi Orang Tua
dan Pendidik terhadap Perkembangan Anak
Komunikasi
merupakan bagian penting dalam kegiatan kerja sama orangtua dan pendidikan
dalam mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak.
Secara
umum berdasarkan langsung tidaknya komunikasi itu dilakukan terdapat dua jenis
komunikasi yaitu komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung.
Komunikasi
langsung yaitu komunikasi yang menyampaikan pesannya tidak memerlukan bantuan
perantara atau media.
Dalam
komunikasi langsung ada beberapa ciri yang harus diketahui dan dihayati
pendidik yaitu keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesamaan.
Komunikasi
tidak langsung adalah komunikasi yang dilaksanakan melalui perantara atau juga
sering disebut media. Media tersebut sengaja dibuat melalui suatu perencanaan
secara matang.
Bentuk-bentuk
kegiatan komunikasi perkembangan anak antara lain; kunjungan rumah, kunjungan
sekolah, percakapan telepon, kunjungan secara kebetulan, pertemuan
orangtua-pendidik, kelompok-kelompok studi, rapat orangtua yang terencana,
laporan berkala, dan buku pedoman orangtua.
No comments:
Post a Comment