Wednesday, June 29, 2016

Komunikasi Orang Tua dan Pendidik terhadap Perkembangan Anak

Komunikasi Orang Tua dan Pendidik terhadap Perkembangan Anak
               Komunikasi merupakan bagian penting dalam kegiatan kerja sama orangtua dan pendidikan dalam mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak.
               Secara umum berdasarkan langsung tidaknya komunikasi itu dilakukan terdapat dua jenis komunikasi yaitu komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung.
               Komunikasi langsung yaitu komunikasi yang menyampaikan pesannya tidak memerlukan bantuan perantara atau media.
               Dalam komunikasi langsung ada beberapa ciri yang harus diketahui dan dihayati pendidik yaitu keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesamaan.
               Komunikasi tidak langsung adalah komunikasi yang dilaksanakan melalui perantara atau juga sering disebut media. Media tersebut sengaja dibuat melalui suatu perencanaan secara matang.

               Bentuk-bentuk kegiatan komunikasi perkembangan anak antara lain; kunjungan rumah, kunjungan sekolah, percakapan telepon, kunjungan secara kebetulan, pertemuan orangtua-pendidik, kelompok-kelompok studi, rapat orangtua yang terencana, laporan berkala, dan buku pedoman orangtua.

No comments:

Post a Comment