Wednesday, June 29, 2016

Cara Merancang Pelibatan Orangtua dan Masyarakat dalam Kegiatan Kreatif di PAUD

Cara Merancang Pelibatan Orangtua dan Masyarakat dalam Kegiatan Kreatif di PAUD
               Setiap kegiatan yang diselenggarakan pasti diharapkan dapat terlaksana secara baik, bahkan sempurna. Keberhasilan dan kesempurnaan suatu program yang digulirkan dan dilaksanakan harus dilihat secara menyeluruh baik dari dimensi proses, hasil maupun dampak-dampaknya.
               Dimensi proses adalah serangkaian kegiatan yang mesti dilalui dalam perwujudan sebuah kegiatan, umumnya memiliki 2 arah, yaitu proses yang memiliki arah vertikal dan proses yang memiliki arah horizontal. Sedangkan yang dimaksud hasil, secara sederhana merupakan padanan dari kata produk, yaitu merupakan konsekuensi logis dari serangkaian proses yang dijalani.
               Kegiatan dalam pelibatan orangtua dianggap baik bila kegiatan selalu dipersiapkan dengan matang. Artinya kegiatan tersebut telah direncanakan secara seksama. Terdapat beberapa kegunaan dari perencanaan, di antaranya sebagai berikut;
1.            menjabarkan rangkaian kegiatan yang akan dijalani atau ditempuh dalam kegiatan pelibatan orangtua di lembaga PAUD.
2.            menjabarkan atau merinci kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan dalam kegiatan pelibatan orangtua di lembagaPAUD.
3.            memberikan arah dan tugas yang harus ditempuh dan dilaksanakan dalam kegiatan pelibatan orangtua di lembaga PAUD.
4.            mempermudah pendidik dalam melaksanakan kegiatan pelibatan orangtua di lembaga PAUD.
5.            menumbuhkan rasa percaya diri pada pendidik dalam melaksanakan kegiatan pelibatan orangtua di lembaga PAUD.
6.            menjamin kontinuitas dalam kegiatan pelibatan orangtua di lembagaPAUD.
Terdapat beberapa kegiatan utama dalam mengembangkan suatu perencanaan, yaitu sebagai berikut;
1.            proses perencanaan dimulai dengan mengidentifikasi secara jelas tujuan yang diharapkan dan ingin dicapai
2.            rencanakan alternatif kegiatan dan daya pendukungnya yang dianggap paling membantu dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan
3.            tinjaulah kembali ketepatan tujuan dan cara penyampaiannya secara seksama
4.            laksanakanlah perbaikan-perbaikan

               Jika perencanaan sudah matang, maka menjalankan dan kelolalah kegiatan pelibatan orangtua dan masyarakat dalam kegiatan kreatif di PAUD secara bertanggung jawab dan optimal. Untuk tetap berjalan sesuai rencana maka harus dievaluasi. Nilai filosofis evaluasi adalah berusaha mengembalikan kegiatan pada jalur dan sasaran yang sebenarnya secara tepat dan wajar, dan bila memungkinkan dengan optimal. Jadi evaluasi berfungsi untuk mendeteksi, memantau serta mengungkap berbagai perilaku dan aktifitas secara lebih tepat dan sesuai sasaran.

No comments:

Post a Comment