Wednesday, June 29, 2016

Perbedaan Kegiatan Pengembangan Berbasis Bidang Pengembangan dan Berbasis Multiple Intelligences

Perbedaan Kegiatan Pengembangan Berbasis Bidang Pengembangan dan Berbasis Multiple Intelligences
            Kegiatan pengembangan berbasis pengembangan bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan anak dalam semua wilayah perkembangan, dengan memperhatikan perbedaan kemampuan, tahap perkembangan, minat, dan gaya belajar anak.
            Kegiatan dan konstruksi didesain untuk mengembangkan kepercayaan diri anak, rasa kompeten, sikap positif belajar, dengan memperhatikan dan mewadahi perbedaan tahap kemampuan, perkembangan, serta gaya belajar anak.
            Pendidik mengarahkan keterlibatan anak dalam proyek dan permainan serta memperkaya pengalaman belajar anak dengan cara (a) mengembangkan ide anak, (b) menanggapi pertanyaan mereka, terlibat dalam percakapan mereka, (c) memberikan tantangan bagi pemikiran mereka.
            Kegiatan pengembangan Multiple Intelligences difokuskan pada muncul dan mencuatnya setiap indikator kecerdasan, dimana indikator tersebut akan semakin kuat apabila dimunculkan (dalam arti digunakan) untuk mengatasi masalah tertentu atau menciptakan sesuatu yang sesuai.
            Kegiatan pengembangan Multiple Intelligences didesain untuk merangsang tumbuh dan berkembangnya indikator 9 kecerdasan, mengembangkan cara-cara menemukan kecerdasan setiap anak, membantu anak menemukan cara belajar yang paling tepat dan menunjukkan kecerdasan mereka dalam setiap aktifitas belajar.
            Strategi pengembangan dibuat berbeda dari waktu ke waktu demi mewadahi perbedaan kecenderungan anak. Strategi ini bermaksud memberi kesempatan agar setiap indikator kecerdasan muncul secara kuat dan aktif.
            Setiap tema kegiatan menyediakan 9 kegiatan sesuai kecenderungan kecerdasan anak, sehingga ada semacam pembagian tugas dalam setiap kegiatan, dan pemaduan kegiatan dan indikator kecerdasan.

            Pengembangan berdasarkan bidang pengembangan dan multiple Intelligences memiliki gayutan. Setiap kecerdasan memiliki padanan dalam aspek perkembangan meskipun tidak berkorespondensi satu lawan satu. 

No comments:

Post a Comment