Pengumpulan
dan Analisis Data, serta Tindak Lanjut
Pengumpulan data dalam PTK
dapat dilakukan dengan berbagai teknik seperti observasi, catatan harian,
rekaman, angket, wawancara, serta analisis dokumen hasil belajar siswa.
Tahap
observasi dan interpretasi dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan tindakan
perbaikan. Selain untuk menginterpretasikan
peristiwa yang muncul sebelum direkam, interpretasi juga membantu guru
melakukan penyesuaian. Observasi yang efektif berlandaskan pada lima prinsip
dasar yaitu;
1. harus ada perencanaan bersama antara
guru dan pengamat
2. fokus observasi harus ditetapkan
bersama
3. guru dan pengamat harus membangun
kriteria observasi bersama-sama
4. pengamat harus memiliki keterampilan
mengobservasi
5. observasi akan bermanfaat jika balikan
diberikan segera dan mengikuti berbagai aturan
Ada 4 jenis
observasi yang dapat dipilih, yaitu observasi terbuka, observasi terfokus,
observasi tersetruktur dan observasi sistematik. Observasi yang bertujuan untuk
memantau proses dan dampak perbaiakn dilakukan dengan mengikuti 3 langkah yang
merupakan 1 siklus yang selalu berulang, yaitu pertemuan pendahuluan
(prencanaan), pelaksanaan observasi, dan diskusi balikan. Agar ketiga tahap ini
berlangsung efektif, hubungan guru dan pengamat harus didasari saling
mempercayai, fokus kegiatan adalah perbaikan, proses tergantung dari
pengumpulan dan pemanfaatan data yang objektif, guru didorong untuk mengambil
kesimpulan, setiap tahap observasi merupakan proses yang berkesinambungan,
serta guru dan pengamat terlibat dalam perkembangan profesional yang saling
menguntungkan.
Selain
melalui observasi, data mengenai pembelajaran dapat dikumpulkan melalui catatan
harian guru, catatan harian siswa, wawancara, angket, dan telaah berbagai
dokumen.
Analisis
data dilakukan dengan menyeleksi dan mengelompokkan data, memaparkan dan
mendeskripsikan data dalam bentuk narasi , tabel dan grafik serta menyimpulkan
dalam bentuk pernyataan. Berdasarkan analisis dilakukan refleksi , yaitu
renungan atau mengingat kembaliapa yang sudah berhasil dikerjakan, mengapa
berhasil. Berdasarkan hasil refleksi, guru melakukan perencanaan tindak lanjut,
yang dapat berupa revisi dari rencana lama, atau baru sama sekali
No comments:
Post a Comment