Rencana dan
Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
Langkah langkah dalam PTK
merupakan satu daur atau siklus yang terdiri dari:
1. merencanakan perbaikan
2. melaksanakan tindakan
3. mengamati
4. melakukan refleksi
Untuk merencanakan
perbaikan terlebih dahulu perlu dilakukan identifikasi masalah serta analisis
dan perumusan masalah. Identifikasi masalah dapat dilakukan dengan mengajukan
pertanyaan pada diri sendiri tentang pembelajaran yang dikelola. Setelah
masalah teridentifikasi, masalah perlu dianalisis dengan cara melakukan
refleksi dan menelaah berbagai dokumen yang terkait. Dari hasil analisis,
dipilih dan dirumuskan masalah yang paling mendesak dan mungkin dipecahkan oleh
guru. Masalah kemudian dijabarkan secara operasional agar dapat memandu usaha perbaikan.
Setelah
masalah dijabarkan, langkah berikutnya adalah mencari/mengembangkan cara
perbaikan, yang dilakukan dengan mengkaji teori dan hasil penelitian yang
relevan, berdiskusi dengan teman sejawat dann pakar, serta menggali pengalaman
sendiri. Berdasarkan hasil yang dicapai dalam langkah ini, dikembangkan cara
perbaikan atau tindakan yang sesuai kemampuan dan komitmen guru, kemampuan
siswa, sarana dan fasilitas yang tersedia, serta iklim belajar dan iklim kerja
di sekolah.
Pelaksanaan
tindakan dimulai dengan mempersiapkan rencana pembelajaran dan skenario
tindakan termasuk bahan pelajaran dan tugas-tugas, menyiapkan alat
pendukung/sarana lain yang diperlukan, mempersiapkan cara merekam dan
menganalisa data, serta melakukan simulasi pelaksanaan jika diperlukan.
Dalam
melaksanakan tindakan atau perbaikan, observasi dan interprestasi dilakukan
secara simultan. Aktor utama adalah guru, namun guru dapat dibantu oleh alat
perekam data atau teman sejawat sebagai pengamat. Agar pelaksanaan tindakan
sesuai dengan kaidah PTK, perlu diterapkan 6 kriteria berikut:
1. metodologi penelitian jangan sampai
mengganggu komitmen guru sebagai pengajar
2. pengumpulan data jangan sampai menyita
waktu guru terlampau banyak
3. metodologi harus reliabel hingga guru dapat menerapkan strategi yang
sesuai dengan situasi kelasnya
4. masalah yang ditangani guru harus
sesuai dengan kemampuan dan komitmennya
5. guru harus memperhatikan berbagai
aturan dan etika yang berkaitan dengan tugasnya
6. PTK harus mendapat dukungan dari
masyarakat sekolah
No comments:
Post a Comment