Langkah-langkah Perencanaan Penelititan Tindakan Kelas
Menemukan masalah pembelajaran merupakan langkah awal
dalam PTK. Masalah pembelajaran sangat beragam, seperti masalah yang berkaitan
dengan strategi pembelajaran , hasil belajar siswa, sarana dan fasilitas
pembelajaran atau kurangnya motifasi siswa dalam belajar. untuk menemukan masalah,
perlu dilakukan identifikasi masalah.
Identifikasi masalah dapat dilakukan dengan berbagai cara
seperti; melakukan refleksi untuk mendiaknosis pembelajaran yang kita kelola,
melihat hasil belajar siswa, atau melakukan diskusi dengan teman sejawat, bahkan
dengan kepala sekolah atau dosen LPTK.
Masalah yang sudah
diidentifikasi perlu dianalisis agar akar penyebab masalah dapat kita temukan. Analisis
masalah dapat dilakukan paling tidak dengan 3 cara yaitu:
1. merenungkan
kembali masalah tersebut dengan melakukan instropeksi atau refleksi melalui pertanyaan
yang diajukan pada diri sendiri, mengapa masalah tersebut sampai terjadi.
2. bertanya
kepada siswa baik melalui angket maupun wawancara langsung tentang
persepsinya terhadap pembelajaran.
3. menelaah
berbagai dokumen seperti pekerjaan rumah siswa, soal-soal ulangan, serta hasil
ulangan/latihan siswa. Analisis berakhir jika akar penyebab masalah sudah ditemukan.
Berdasarkan akar penyebab masalah, jika dapat merumuskan
masalah pembalajaran dalam bentuk masalah/pertanyaan penelitian, yang akan
dicari jawabannya dalam PTK. Sehubungan dengan itu, rumusan masalah dibuat
dalam bentuk kalimat tanya, mengandung aspek yang diperbaiki dan upaya
memperbaikinya.
Setelah masalah dirumuskan, hal berikut yang perlu
dilakukan adalah mengembangkan tindakan perbaikan, yang diperkirakan dapat
mengatasi masalah pembelajaran. untuk mengembangkan tindakan perbaikan perlu
dilakukan hal-hal berikut. Pertama, kaji teori-teori yang relevan. kemudian,
tetapkan teori mana yang kira-kira sesuai diterapkan untuk mengatasi masalah
tersebut. Kedua, berdiskusi dengan pakar pembelajaran/pakar bidang studi untuk
menemukan cara perbaikan atau memvalidasi teori yang sudah ditetapkan. Ketiga,
kita dapat mengingat pengalaman kita sendiri dalam mengatasi masalah yang
serupa.
No comments:
Post a Comment