Melaksanakan Perbaikan Pembelajaran
Pelaksanaan tindakan perbaikan harus diawali dengan
persiapan akhir, yang meliputi pemeriksaan berbagai kegiatan aspek berikut:
1. komponen
rencana perbaikan secara keseluruhan
2. kelogisan
pertanyaan yang akan diajukan
3. ketersediaan
alat-alat pelajaran yang diperlukan
4. mencobakan
alat-alat pelajaran yang akan digunakan
5. urutan
kegiatan pada setiap tahap
6. kesiapan
lembar observasi yang akan digunakan
7. kesiapan
teman sejawat untuk membantu sebagai pengamat jika memang diperlukan
Semua kegiatan ini perlu dilakukan untuk menyakinkan
keberhasilan tindakan perbaikan. Setelah melakukan persiapan akhir, guru siap
untuk melakukan tindakan perbaikan.
Pelaksanaan tindakan perbaikan berlangsung di kelas guru
sendiri sesuai dengan rencana perbaikan yang telah disiapkan. selama pelaksanan
perbaikan, di samping mengajar, guru mengumpulkan data, yang dapat dilakukan
dengan bantuan teman sejawat atau tanpa bantuan. Oleh karena itu, guru perlu
membuat catatan jika ada kesempatan, atau segera mencatat peristiwa penting
setelah pelajaran usai.
Keberhasilan tindakan perbaikan banyak tergantung dari
keyakinan guru akan langkah-langkah yang telah disiapkan, kesiapan guru untuk
melaksanakan perbaikan, dan tentu saja komitmen dan kerja keras.
Refleksi dilakukan setelah data pembelajaran diolah, atau
setelah guru mempunyai gambaran tentang keberhasilan atau kegagalan serta
kekuatan atau kelemahan tindakan perbaikan yang dilakukan. Kekuatan ingatan dan
kejujuran dalam melakukan refleksi akan sangat membantu guru menemukan kekuatan
dan kelemahan tindakan perbaikan yang telah dilakukan, sehingga dapat
dihasilkan masukan yang bermakna bagi perencanaan daur berikutnya.
No comments:
Post a Comment