Analisis, Penyajian, dan Interpretasi Data
Data penelitian tindakan kelas pada dasarnya dikumpulkan
oleh guru yang berperan sebagai peneliti dan pengajar, dan jika perlu dapat
dibantu oleh teman sejawat. Data tersebut lebih banyak bersifat kualitatif,
meski ada juga yang berupa data kualitatif.
Analisis data adalah upaya yang dilakukan oleh guru yang
berperan sebagai peneliti untuk merangkum secara akurat data yang telah
dikumpulkan dalam bentuk yang dapat dipercaya dan benar.
Sehubungan dengan butir 2, maka analisis data dilakukan
dengan cara memilih, memilah, mengelompokkan, data yang ada, merangkumnya,
kemudian menyajikan dalam bentuk yang mudah dibaca atau dipahami. penyajian
hasil analisis data kualitatif dapat dibuat dalam bentuk uraian singkat, bagan
alur, atau tabel sesuai dengan hakikat data yang dianalisis.
Data kualitatif dianalisis dengan statistik deskriptif
untuk menemukan persentase, dan nilai rata-rata. Penyajian hasil analisis dapat
dilakukan dengan membuat tabel distribusi atau grafik.
Interpretasi data adalah upaya peneliti untuk menemukan
makna dari data yang dikumpulkan untuk menjawab pertanyaan penelitian.
Interpretasi ini pada gilirannya akan menjadi temuan penelitian.
Analisis yang akurat dan cara penyajian yang tepat akan
memungkinkan tafsiran/interpretasi hasil penelitian yang akurat dan valid itu.
Oleh karena itu, guru harus sangat berhati-hati dalam melakukan analisis.
kekurangakuratan dapat diminimalkan dengan melakukan cross chek dengan sumber
data atau dengan data lain yang sejenis.
Agar mampu melakukan analisis data, guru harus banyak
melakukan latihan dan bekerja dalam kelompok.
No comments:
Post a Comment