Kesimpulan dan Tindak Lanjut Hasil Penelitian Tindakan Kelas
Menyimpulkan adalah mengikhtisarkan atau memberi
pendapat berdasarkan apa-apa yang diuraikan sebelumnya. Sejalan dengan itu, kesimpulan
adalah kesudahan pendapat atau pendapat terakhir yang dibuat berdasarkan uraian
sebelumnya.
Dalam kaitan dengan PTK, kesimpulan harus disusun secara
singkat, padat, dan jelas, sesuai dengan uraian, dan mengacu pada pertanyaan
penelitian atau tujuan perbaikan. disamping itu, kesimpulan harus disusun
secara sistematis sesuai dengan urutan pertanyaan penelitian atau tujuan
penelitian.
Penyusunan kesimpulan seyogyanya dilakukan melalui
langkah-langkah:
1. memeriksa
dan memahami pertanyaan penelitian atau tujuan perbaikan
2. mencermati,
menganalisis dan mensistesis deskripsi temuan
3. menulis
kesimpulan untuk setiap pertanyaan penelitian atau tujuan perbaikan
4. mengurutkan
setiap butir kesimpulan sesuai dengan urutan pertanyaan penelitian atau tujuan perbaikan
5. memeriksa
kesesuaian antara pertanyaan penelitian atau tujuan perbaikan dengan deskripsi temuan dan
kesimpulan.
Saran dimaknai sebagai pendapat yang dikemukakan untuk
dipertimbangkan. Dalam kaitan dengan PTK saran merupakan pemikiran yang
diajukan oleh guru peneliti untuk menindaklanjuti hasil penelitiannya.
Saran tindak lanjut hasil PTK harus memenuhi rambu-rambu
1. bersumber
atau sesuai dengan kesimpulan
2. bersifat
kongkret, operasional, dan penting, sehingga menarik untuk dilaksanakan
oleh guru
3. jelas
sasarannya, apakah ditujukan kepada guru atau sekolah,atau barangkali instansi lain
4. dapat
meliputi hal-hal yang berkaitan dengan metodologi penelitian
Pembuatan saran dapat dilakukan melalui langkah-langkah
1. mencermati
hasil PTK
2. mengkaji
aspek-aspek dari kesimpulan tersebut yang perlu ditindaklanjuti, baik oleh guru peneliti,
guru lain, maupun sekolah
3. menetapkan
kepada siapa saran tersebut akan ditujukan
4. menulis
saran
No comments:
Post a Comment