Pendekatan Inovatif
untuk Pengembangan Nilai-nilai Agama bagi Anak Taman Kanak-kanak
Pengembangan nilai-nilai
agama di TK berkaitan erat dengan pembentukan perilaku manusia, sikap, dan
keyakinan. Oleh karena itu, diperlukan berbagai inovasi pengembangan yang
komprehensif sesuai dengan perkembangan dan kemampuan anak didik. Adapun yang
melatarbelakangi esensi inovasi dalam bidang pengembangan pembelajaran adalah
munculnya berbagai kendala dan kelemahan serta kekuranglengkapan yang ada di
lingkungan penyelenggaraan pendidikan di TK.
Untuk
melaksanakan program pembelajaran nilai-nilai agama tersebut guru harus
mempelajari berbagai pendekatan yang sesuai dengan tingkat perkembangan dan
kebutuhan anak didik, menyiapkan kurikulum yang komprehensif, dan adanya
kesinambungan antar satu program pengembangan dengan program lainnya.
Alternatif
inovasi dalam rangka meningkatkan efektivitas kegiatan belajar mengajar bagi
peserta didik adalah perlu adanya kurikulum terpadu, pendekatan pembelajaran
terpadu, dan hari terpadu.
No comments:
Post a Comment