Macam-macam Strategi
Perencanaan Penilaian dalam Pengembangan Moral Anak Usia Taman Kanak-kanak
Untuk
mengekspresikan proses kegiatan belajar, guru perlu melakukan penilaian atau
evaluasi. Penilaian perlu dilaksanakan agar guru TK mendapat umpan balik
tentang kualitas keberhasilan dalam kegiatan anak yang diarahkan untuk
pengembangan perilaku dan moralitas secara keseluruhan.
Penilaian
yang dilakukan guru merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan
belajar, baik yang menggunakan metode bercakap-cakap, bercerita, maupun bermain
peran. Tanpa adanya penilaian, tidak dapat diketahui secara rinci apakah tujuan
pengembangan aspek perilaku dan moralitas anak dapat dicapai secara maksimal.
Hasil penilaian kualitas keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran tesebut,
memberikan masukan kepada guru untuk membuat keputusan pembelajaran, dalam
rangka meningkatkan mutu pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan metode
tersebut di masa yang akan datang.
No comments:
Post a Comment