Alat Penilaian dalam
Pengembangan Moral Anak Taman Kanak-kanak
Penilaian
bertujuan untuk mengetahui ketercapaian kemampuan yang telah ditetapkan dalam
GBPKBTK. Penilaian hasil belajar anak didik dilakukan oleh pendidik untuk
memantau proses, kemajuan, dan perbaikan hasil belajar anak didik secara
berkesinambungan.
Prinsip-prinsip
penilaian adalah menyeluruh, berkesinambungan, berorientasi pada proses dan
tujuan, objektif, mendidik, kebermaknaan, dan kesesuaian.
Pada
saat kita akan melakukan penilaian dalam berbagai hal termasuk didalamnya
menilai perkembangan moral, kita perlu menentukan alat penilaian yang tepat
dengan kondisi anak yang sesungguhnya. Alat pendukung tersebut adalah:
1. pengamatan dan pencatatan anekdot
2. pemberian tugas meliputi tes
perbuatan dan pertanyaan lisan sebagai latihan mengungkapkan gagasan dan
keberanian berbicara.
No comments:
Post a Comment