Pengertian
dan Karakteristik Penelitian Tindakan Kelas
Penelitian
Tindakan Kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri
melalui refleksi diri dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sehingga hasil
belajar siswa meningkat. Karakteristik PTK adalah sebagai berikut:
1. Penelitian berawal dari keresahan guru
akan kinerjanya.
2. Metode utama adalah refleksi diri,
bersifat agak longgar, tetapi mengikuti kaidah-kaidah penelitian.
3. Fokus penelitian berupa kegiatan
pembelajaran.
4. Tujuannya adalah memperbaiki
pembelajaran.
Dari
karakteristik tersebut dapat dibandingkan ciri-ciri PTK dengan penelitian kelas
dan penelitian formal.
Guru paling
tepat melakukan PTK karena:
1. guru mempunyai otonomi untuk menilai
kinerjanya
2. temuan penelitian tradisional sering
sukar diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran
3. guru merupakan orang yang paling akrab
dengan kelasnya
4. interaksi guru siswa berlangsung secara
unik
5. keterlibatan guru dalam berbagai
kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru mampu
melakukan penelitian di kelasnya
No comments:
Post a Comment