Pengembangan
Kemampuan Kepribadian/Moral bagi Anak Taman Kanak-kanak
Perkembangan moral dan etika
pada diri anak Taman Kanak-kanak dapat diarahkan pada pengenalan kehidupan
pribadi anak dalam kaitannya dengan orang lain. Misalnya, mengenalkan dan
menghargai perbedaan lingkungan tempat anak hidup, mengenalkan peran gender
dengan orang lain, serta mengembangkan kesadaran anak akan hak dan tanggung
jawabnya.
Puncak
yang diharapkan dari tujuan pengembangan moral anak Taman Kanak-kanak adalah
adanya keterampilan afektif anak itu sendiri, yaitu keterampilan utama untuk
merespon orang lain dan pengalaman-pengalaman barunya, serta memunculkan
perbedaan-perbedaan dalam kehidupan teman di sekitarnya.
Hal yang
bersifat subtansial tentang pengembangan moral anak usia Taman Kanak-kanak
diantaranya adalah pembentukan karakter, kepribadian, dan perkembangan
sosialnya. Guru Taman Kanak-kanak harus menguasai strategi pengembangan
emosional, sosial, moral dan agama bagi anak Taman Kanak-kanak. Juga, guru
Taman Kanak-kanak perlu untuk senantiasa mengadakan penelitian tentang
pengembangan dan inovasi dalam bidang pendidikan bagi anak usia prasekolah.
No comments:
Post a Comment