Macam-macam
Pendekatan Pengembangan Nilai-nilai Keagamaan
Mengembangkan nilai-nilai
keagamaan pada diri anak, diperlukan berbagai macam metode dan pendekatan.
Metode dan pendekatan ini berfungsi sebagai nilai untuk mencapai tujuan. Dalam
menentukan pendekatan, guru perlu memperhatikan berbagai hal seperti tujuan
yang hendak dicapai, karakteristik anak, jenis kegiatan, fasilitas/media,
situasi dan tema/subtema yang dipilih.
Pembelajaran
kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi
yang diajarkan dengan situasi dunia nyata anak dan mendorong anak membuat
hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam
kehidupan mereka sehari-hari. Pembelajaran kontekstual melibatkan 7 komponen
utama pembelajaran efektif, antara lain adalah kontruktivisme, refleksi dan
penilaian sebenarnya.
Beberapa
model pendekatan yang sesuai dengan karakteristik dunia anak TK antara lain
bermain peran, karya wisata, bercakap-cakap, demonstrasi, proyek, bercerita,
pemberian tugas dan keteladanan serta bernyanyi
No comments:
Post a Comment