Instrumen Penilaian
dalam Pengembangan Nilai-nilai Keagamaan Anak Taman Kanak-kanak
Penilaian itu melaksanakan
pada proses pembelajaran. Oleh sebab itu, data yang dikumpulkan harus diperoleh
dari kegiatan nyata yang dikerjakan anak pada saat melakukan proses
pembelajaran. Karakteristik penilaian yang ideal adalah dilaksanakan selama dan
sesudah pembelajaran berlangsung, bisa digunakan untuk formatif formasi,
berkesinambungan, terintegrasi dan dapat digunakan sebagai feed back.
Untuk
menjaring data hasil belajar, anda dapat menggunakan hal-hal yang bisa memberikan
masukan penilaian prestasi anak seperti anak seperti hasil dari kegiatan
/proyek, pekerjaan rumah, karya wisata, penampilan anak, demonstrasi, dan
catatan observasi.
Instrumen
yang dapat anda digunakan untuk penilaian
di TK dengan memperhatikan sifat dan karakteristik adalah hasil kerja
anak yang meliputi hasil karya, hasil penugasan, kinerja anak, tes tertulis,
dan format observasi.
No comments:
Post a Comment